PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENEMU KENALI MULTIPLE INTELIGENSI SISWA KELOMPOK A TK MESEN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010 - 2011

Authors

  • C Eny Kusumaningsih
  • AR - Koesdyanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v8i2.641

Abstract

Abstraks: Tujuan penelitian ini adalah Pemanfaatan Multimedia dalam Layanan Bimbingan Konseling untuk Menemu Kenali Multiple Intelegensi Siswa Kelompok A TK Mesen Surakarta Tahun Pelajaran 2010 – 2011, Metode PenelitanTempat Dan Waktu Penelitian Tempat Penelitian dilaksanakan di TK Mesen, Jl. Surya No. 67 Surakarta. Penelitian dilaksanakan 3 bulan yakni bulan Oktober 2010 sampai dengan Desember 2010. Bentuk dan strategi penelitian menggunakan penelitian kualitatip, menggunakan diskripsi tentang penggunaan multimedia dalam layanan Bimbingan dan Konseling untuk
menemu kenali Multipel intelegensi pada siswa kelompok A di TK Mesen Surakarta. Hasil Penelitian, menunjukkan Tk Mesen Surakarta memiliki kesiapan yang sangat baik dari sisi guru yang dituntut semua harus menguasai kemampuan multi media yang baik, kemampuan berbahasa inggris yang baik terutama bahasa inggris untuk anak. Dari sisi sekolah fasilitas penunjang kearah penggunaan alat-alat multimedia sudah layak dang tidak tertinggal. Dari sisi murid Tk Mesen Surakarta memiliki murid-murid yang dari kalangan yang secara sosial ekonomi tergolong menengah keatas, sehingga sejak kecil murid-murid TK mesen sudah tidak asing dengan perangkat multimedia, terpenuhi
kebutuhan gizi dan kesehatannya dengan baik dan sudah dibiasakan mengikuti semua ketrampilan baik dallam bidang seni,olahraga, maupun kemampuan kognitifnya.Sebagai kesimpulan Bimbingan dan Konseling Taman Kanak-kanak dapat menjangkau pada sasaran yang tepat baik kepada orangtua,guru maupun murid.


Kata Kunci: BK TK, Multimedia, Multipel Intelegensi

Published

2013-11-07