OPTIMIZING STUDENT’S SPEAKING SKILL ON NARRATIVE STORY THROUGH PICTURE SEQUENCES

Authors

  • Ayu Istiana Sari

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v9i1.484

Abstract

ABSTRAK

OPTIMIZING STUDENT’S SPEAKING SKILL ON NARRATIVE STORY THROUGH PICTURE SEQUENCES

OLEH: AYU ISTIANA SARI SPd MPd

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan berbicara melalui media gambar berseri siswa kelas I SMA Martia Bhakti Kalijambe Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas SMA Martia Bhakti Kalijambe Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil optimal pada kemampuan berbicara siswa melalui media gambar berseri pada siswa kelas I SMA Martia Bhakti Kalijambe Tahun Pelajaran 2009/2010, hal ini dapat dilihat dari kemampuan berbicara siswa yang meningkat dan juga peningkatan pada keterlibatan mereka di dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa pada kondisi awal yaitu mulai dari siklus yang pertama, hanya 15 % dari para siswa memperoleh nilai yang lebih tinggi  atau sepadan dengan  KKM yaitu 61. Sementara itu di siklus yang kedua 90 % dari para siswa memperoleh nilai yang lebih tinggi atau sepadan dengan 61 dan di dalam siklus yang ketiga 96 % siswa.

Berdasarkan simpulan, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui media gambar berseri dapat mengoptimalkan kemampuan berbicara pada siswa kelas I SMA Martia Bhakti Kalijambe Tahun pelajaran 2009/2010.

Di samping itu, di sarankan kepada peneliti dimasa mendatang untuk  melakukan suatu penelitian yang serupa dengan menggunakan Gambar berseri tetapi dengan menggunakan setting dan subjek yang berbeda untuk menentukan apakah Gambar berseri juga efektif dan dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Kata kunci: Optimalisasi, Berbicara, Gambar, Naratif

PlumX Metrics

Published

2013-03-13