The Influence of Students' Level of Self-confidence and Learning Approach to Student Speaking Skill
DOI:
https://doi.org/10.33061/ww.v9i1.483Abstract
Abstraks: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang rendah; (2) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kepercayaan diri siswa dalam pengajaran berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Sambung Macan, Sragen. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan sampel adalah Cluster Random Sampling dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner dan tes berbicara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang rendah dan juga ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan tingkat kepercayaan diri siswa dalam pengajaran berbicara, berdasarkan fakta dari hasil Anova yang menunjukan bahwa Fo interaksi (58.58) lebih tinggi daripada Ft pada level signifikansi α = 0.05 (4.00) dan Ft pada level signifikansi α = 0.01 (7.08).
Kata kunci: kepercayaan diri, kemampuan berbicara, pendekatan pembelajaran.