PENGARUH MEDIA FOTONOVELA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEARIFAN LOKAL KOTA SURAKARTA PADA MAHASISWA PRODI PGSD UNIVERSITAS SLAMET RIYADI

Authors

  • Ema Butsi Prihastari Universitas Slamet Riyadi
  • Ratna Widyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i2.3997

Abstract

This research aimed to know the positive influence of fotonovela media to the understanding of the concept of local wisdom of Surakarta for students of PGSD Slamet Riyadi University. The subject was a student Prodi of PGSD semester VI as much as 68 students. The research sample technique was purposive random sampling where samples are used as many as 55 students who meet the requirements. Data collection used questionnaire. Data analysis used simple linear regression. Based on the results of the analysis was proven that the media of the fotonovela affected the understanding of the concept of local wisdom of Surakarta for students PGSD UNISRI with a rating of 75.47 with the influenced of fotonovela media 15.6% with models linear equations, Y. = 6.879 + 0, 802X.

 

Keywords : Fotonovela, Concept Comprehension, Local Wisdom

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif media fotonovela terhadap pemahaman konsep kearifan lokal kota surakarta bagi mahasiswa PGSD Universitas Slamet Riyadi. Subyek adalah mahasiswa prodi PGSD semester VI sebanyak 68 mahasiswa. Teknik sampel penelitian adalah purposive random sampling dimana sampel yang digunakan sebanyak 55 mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis dibuktikan bahwa media fotonovela berpengaruh terhadap pemahaman konsep kearifan lokal kota Surakarta bagi mahasiswa PGSD UNISRI dengan hasil rataan sebesar 75,47 dengan pengaruh media fotonovela 15,6% dengan model persamaan linier  =  6,879 + 0,802X.

 Kata Kunci : Fotonovela, Pemahaman Konsep, Kearifan Lokal

Author Biography

Ema Butsi Prihastari, Universitas Slamet Riyadi

pgsd

References

Amirin, T.M. 2012. “Implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesiaâ€. Jurnal Pembangunan Pendidikan. 1(1):1-16.

Djohani, R., D. J. Widyanto, R. Irfani. 2007. Panduan untuk fasilitator infomobilisasi, mengembangkan media komunikasi berbasis masyarakat. Jakarta: Tim partnership fore e-prosperity the poor (Pe-PP) Bappenas_UNDP.

Rahayu, A., Ngurah Ayu Nyoman Murniati, dan Irna Farikhah. 2013. “Kajian Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Fotonovela Berbasis Pendidikan Karakterâ€. Prosiding Seminar Nasional Fisika. 2nd Lontar Physics Forum 2013. Hal 1-8.

Sadiman, A. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. 2001. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suparmini, Sriadi S., Dyah R. 2013. “Pelestarian Ligkungan Masyarakat Baduy Berbasis Kearifan Lokalâ€. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol.18 No.1, April hal 8-22

Wagiran. 2011. “Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal Dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi DIY 2020â€. Jurnal Penelitian dan Pengembangan. Vol 3(3): 85-100.

Zuhdan Kun Prasetyo. 2013. “Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokalâ€. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Surakarta, 14 September

Downloads

Published

2020-08-27