EFERKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TERRARIUM DUNIA TERHADAP PERKERMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL HUDA MANYARAN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2020

Authors

  • Geshinta Pramesti
  • Sri Hartini
  • Oka Irmade

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i2.3993

Abstract

The reserarch aims at finding out the effectiveness of word terrarium  media towards cognitive development of childern age 4-5 years old of tk islam al huda manyaran wonogiri in the academic year of 2019/2020.based on the result of analyzing statistical data through SPPS 21.00 version with paired sample t test formula, it is obtained thet sig is 0,000<0,05 wich means Hois rejected and Ha Is accepted. thus the hypotesis taht asked of the differernce of social cognitive aspect before and after using world terrarium media been accepted. the result of N Gain is 0,84 between 0,71<g<1,00 thus it can be concluded that using terrarium media towards the social cognitve development of students age 4-5 years old is effective in the high category.

 Keywords : Efeectiveness, World Terrariu  Media, Cognitive Development

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media terrarium dunia terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di Tk Islam Al Huda Manyaran Wonogiri tahun pelajaran 2020. Berdasarkan hasil analisis data statistik berbantuan SPSS versi 21.0 dengan menggunakan rumus paired sample t-test diperoleh sig sebesar 0,000< 0,05 Yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang menanyakan bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif sebelum dan sesudah penggunaan media terrarium dunia diterima kebenarannya. Hasil Ngain memperoleh nilai sebesar 0,84 berada diantara 0,71< g> 1,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media terrarium terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun efektif dalam kategori tinggi

Kata Kunci : Efektivitas, Media Terrariu Dunia, Pengembangan Kognitif

References

Afifah, N. (2017). Efektivitas Maket Taman Lalin Terhadap Kemampuan Kognitif (Klasifikasi) Pada Anak Kelompok A Di Ra Perwanida 03, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Jamilah, & Ayu, C. (2018). JEMS TERRARIUM (Perencanaaan Pendirian Usaha Kerajinan Tangan Terrarium).

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Khasanah I, Agung P., & Ellya R. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1).

Kurniawan, E. Y. (2019). “Pendidikan Berbasis Kreativitas Pada Mahasiswa PGPAUD Melalui Pemanfaatan Media Barang-Barang Bekas Dalam Pembelajaran Musik Perkusi di Universitas Muhammadiyah Tangerang”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2301-9905,9(2).

Mufliah, Iin, M, & Tumisem. (2015). Pengembangan Terarium Untuk Meningkatkan Kreativitas Masyaraat Sekolah Dan Masyarakat Desa Kemutug Lor Kecamatan Baturaden. Prosiding Semnas Sains & Enterpeneurship II hal 450-455, ISBN: 978-602-99975-1-4.

Nugrahani, R. (2015). Perkembangan Kognitif Anak Melalui Penerapan Bermain Table Toys Balok Atribut Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Program Studi PGRA, ISSN (Print):2540-8801;ISSN:2528-083X, 1, (20- 30).

Nurrita. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu al-Quran, Hadist, Syariah, dan Tarbiyah, 3(1),171.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Pengembngan Anak Usia Dini. Jurnal Lentera Pendiidikan, 2,(1).

Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universita Terbuka.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Werimoon, S., Insar, & Jan, H, N.(2017). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dipadu Media Pembelajaran Komik Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1,(2).

PlumX Metrics

Published

2020-08-27