PROGRAM TV BOCAH PETUALANG TEMA PEGUNUNGAN SEBAGAI PEMATIK KREATIVITAS BERKARYA ANAK SDN PETERONGAN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i2.3894Abstract
The purpose of this study was to determine the level of creativity possessed by students through the TV Program Bocah Petualang Mountain Theme as a Designer for the Creativity of Children's SD N Peterongan Semarang. This research uses a qualitative approach with a phenomenological method. Data collection in this research was carried out through observation, questionnaires, interviews and documentation. Data validity is done by triangulation of sources. The results of data research namely the high level of TV programs Bocah Petualang that affect students' creativity, besides being able to develop their ideas and solve problems faced when experiencing difficulties, students are also able to communicate what they know to friends or parents.
Keywords: TV Program Bocah Petualang, Creativity
Â
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas yang dimiliki oleh siswa melalui Program TV Tema Gunung Bocah Petualang sebagai Perancang Kreativitas Anak SD N Peterongan Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian data yaitu tingginya tingkat program TV Bocah Petualang yang memengaruhi kreativitas siswa, selain mampu mengembangkan ide dan menyelesaikan masalah yang dihadapi ketika mengalami kesulitan, siswa juga dapat mengkomunikasikan apa yang mereka ketahui kepada teman atau orang tua.
Â
Kata Kunci    : Program TV Bocah Petualang, Kreativitas
References
Ahmadi dan Ibda. 2018. Media Literasi Sekolah. Semarang: CV Pilar Nusantara
Ananda. 2017. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 016 Bangkinang Kota. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/149/144. Diakses pada 10 Oktober 2019
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif.Sukabumi: CV Jejak.
Ardipras95. 2019. “Si Bolangâ€. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Si_Bolang. Artikel. Di akses 15 Oktober 2019
Budiarti, Yesi. 2015. “Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPSâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi-JURNAL PROMOSI. Vol. 3. No. 1
Destiani, Ardita, dkk. 2016. "Upaya peningkatan Kreativitas Seni Rupa Siswa melalui Teknik Percetakan dengan Bantuan Media Asliâ€. Jurnal Ilmiah Potensi. Vol. 1. No.1
Ernawan. 2018. Deskripsi Kualitatif Dampak Penggunaan Media Film Kartun dalam Pendidikan Iman Anak (PIA) di Wilayah Kemiren Paroki Santa Theresia Salam. Skripsi: Unversitas Sanata Dharma.
Farid, Muhammad. 2013. “Model Media Pembelajaran melalui Tayangan Televisi dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Anak-Anak Pedesaan di Sulawesi Selatanâ€. Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol. 2. No. 2.
Kompasiana (Online). Tersedia di https://www.kompasiana.com/turi_042/5600ebc983afbd99054f683f/realita-media-dan-kehidupan-nyata diakses pada 1 november 2019
Prasetiyo, Ludvi Fandy, dkk. 2016. “Pengaruh Program Televisi Trans7 “Si Bolang†sebagai Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas III SDN I Kemantren Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjoâ€. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 3. No. 4
Raco, J, R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulanya. Jakarta: PT. Grasindo
Sunarto. 2018. “Pengembangan Kreativitas-Inovatif dalam Pendidikan Seni melalui Pembelajaran Mukidiâ€. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. 8. No. 2.
Soegeng, A.Y. 2016. Dasar-Dasar Penelitian: Bidang social, Psikologi dan pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun proposal penelitian kualitatif skripsi dan tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Surbakti E.B. 2008. Awas tayangan televisi: Tayangan Misteri Dan Kekerasan Mengancam Anak Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sutisno P.C.S. 1993. Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video. Jakarta: PT Grasindo
Triwardani. 2011. Televisi dalam Ruang Keluarga: Menyoal Menonton Televisi sebagai Praktik Konsumsi dalam Konfigurasi Ruang Domestik. https://media.neliti.com/media/publications/103153-ID-televisi-dalam-ruang-keluarga-menyoal-me.pdf. Diakses 10 Oktober 2019
Utama, Wira. 2014. “Pengaruh Ativitas Menonton Televisi terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Tanjung Agungâ€. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang
Wikipedia. (Online). Tersedia di https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Anak. Diakses 1 November 2019