PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA DALAM PROSES BELAJAR BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS DARWAN ALI SAMPIT
DOI:
https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i1.3514Abstract
The research aimed to determine the role, function and benefits for students in learning English by using E-learning at Darwan Ali University. This type of research is descriptive using a qualitative approach. Data collection techniques used are in-depth interviews, literature studies, documentation, and observation. The results showed that 1) E-learning at Darwan Ali University has a role for the lecture plan facilities in the process of learning English. 2) E-Learning makes it easy for students to understand learning process because it makes students more interested and can be accessed anytime and anywhere as long as there is internet access. 3) Students can get learning materials in various forms such as text, images and videos. 4) Students' abilities are developed in learning English such as vocabularies, writing and reading. 5) Students become more active and enthusiastic in the learning process.
Keywords: E-learning; information and technology; English language.
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran,fungsi serta manfaat bagi mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan E-learning di Universitas Darwan Ali. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi literatur, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) E-learning di Universitas Darwan Ali Sampit memiliki peran untuk fasilitas rencana perkuliahan dalam proses belajar bahasa Inggris. 2) E-Learning memudahkan mahasiwa dalam memahami pembelajaran karena membuat mahasiswa lebih tertarik dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun selama ada akses internet. 3) Mahasiswa bisa mendapatkan materi dan bahan pembelajaran dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, dan video. 4) kemampuan mahasiswa berkembang dalam pembelajaran Bahasa Inggris seperti kosa kata, menulis dan membaca. 5) Mahasiswa menjadi  lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: E-learning; Teknologi Informasi; Bahasa Inggris.
References
Adrelia, D. I. (2015). Permainan bom angka dalam konsep kelipatan persekutuan terkecil untuk anak sekolah dasar. Jurnal Elemen, 23-35.
Briton, I. (2010). Company Profile. Makasar: HRD Briton IES Makassar.
Dakir, H. (2010). Perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
ihwanah, A. (2016). Implementation E-Learning in Learning Process PGMII IAIN. Cakrawala.
Jayawardana, H. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. BIOEDUKATIKA, 12-17.
Kurniawan Sabar, A. R. (2011). PENGGUNAAN WEB (E-LEARNING) DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI BRITON INTERNATIONAL ENGLISH SCHOOL MAKASSAR. KAREBA: jurnal ilmu komunikasi, 444-456.
Lim, H. (2007). The Role of E-Learning in Increasing Interest and Learning Process in mandarin : Case Study of Chinese Literature Students at Bina Nusantara. Lingua Cultura, 157-167.
S.R. Wicaksono. (2015). Computer Supported Collaborative Learning Berbasis Blog. Malang: Seribu Bintang.
Sadiman, d. k.-k. (2009). Media of Education: Definiton, Development, and utilization. Jakarta: Rajawali Pers.
Saifuddin, M. F. (2017). E-LEARNING DALAM PERSEPSI MAHASISWA. Varia Pendidikan, 102-109.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Smaldino, S. E. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). New Jersey: Pearson Education.inc.
Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. JURNAL BIOEDUKATIKA, 9-14.
Turino, d. (2009). E-Learning Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi.