PENDIDIKAN KARAKTER KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Sri Rezeki Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i1.3501

Abstract

Mathematics is a subject that must be followed by students at every level of education. Students can develop literacy and numeracy knowledge through mathematics learning. But abstract mathematical concepts make it difficult for some students to understand. Therefore, the teacher uses a cooperative model to help students understand mathematical concepts while instilling the character of cooperation education. The strongest reason for cooperative mathematics learning is because what students need in understanding mathematical concepts is not only hard work but also cooperation. Through cooperative learning, in addition to students being able to solve problems, they can also grow character values such as friendship, tolerance, respect for achievement, please help, and others.

Keywords: Mathematics Learning, Cooperatif Learnig Model, collaboration character value.

 

ABSTRAK

Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diikuti siswa di setiap jenjang pendidikan. Siswa dapat mengembangkan pengetahuan secara literasi dan numerasi melalui pembelajaran matematika. Namun konsep matematika yang abstrak menyebabkan sebagian siswa sulit memahami. Oleh karena itu, guru menggunakan model kooperatif untuk membantu siswa memahami konsep matematika sekaligus menanamkan pendidikan karakter kerja sama. Alasan terkuat pembelajaran matematika kooperatif karena yang dibutuhkan siswa dalam memahami konsep matematika bukan hanya kerja keras tetapi juga kerja sama. Melalui pembelajaran kooperatif, selain siswa dapat menyelesaikan soal, juga dapat menumbuhkan nilai karakter seperti bersahabat, toleransi, menghargai prestasi, tolong menolong, dan lainnya.

Kata Kunci : Pembelajaran matematika, pembelajaran kooperatif, nilai karakter kerjasama

Author Biography

Sri Rezeki Wulandari, Universitas Pendidikan Indonesia

Jl. Abdul Rahman Saleh RT. 09 No. 80 Kel. Paal Merah Kec. Jambi Selatan Kota Jambi

References

Alwasilah, A. Chaedar. Islam, Culture, and Education. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Atikasari, G., Agoestanto, A., & Winanti, K. Meningkatkan berpikir kreatif matematis dan kerjasama melalui model pembelajaran kooperatif strategi TTW berbantuan kartu soal materi trigonometri SMAN 5 Semarang. Prisma, 1, P: 601–607, 2018.

Fadhilaturrahmi. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Gi Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 160–165, 2018. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.38

Fauzani, R. A. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kerjasama Dalam Implementation Of Cooperation In Character Education In PE Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(24), P: 350–361, 2018.

Firdaus, A. M. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), P: 61, 2016. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1

Hakam, K. A. & Nurdin, E. S. Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: Maulana Media Grafika, 2016.

Karubaba, S. A. M., Rahman, B., & Arifin, S. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), P: 37, 2016.https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3150

Komalasari, K. The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Students’ Civic Competence. Journal of Social Sciences, 5(4), P: 261–270, 2012.https://doi.org/10.3844/jssp.2009.261.270

Kesuma, D. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2012.

Kusuma, A. W. Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), P: 26–30, 2018. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00

Lestari, S. Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives, 1(2), P: 150–157, 2017. http://e-journal.ikip veteran.ac.id/index.php/matematika

Lickona, Thomas. Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Linuhung, Nego. dan Sudarman, Satrion Wicaksono. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 1, P: 1–8, 2019.

Lonto, A. L., Wua, T. D., Pangalila, T., & Sendouw, R. Moral work, teaching profession and character education in Forming Students’ Characters. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), P: 99–103, 2018. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.28.22560

Masjudin. Pembelajaran Kooperatif Investigatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Barisan dan Deret. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), P: 76–84, 2016.

Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Nurhayati, N., Hendriana, H., & Hidayat, W. Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Setting Kooperatif Tipe NHT. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), P: 81–92, 2018. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no1.2018pp81-92

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physic Education Journal, 1(2257), 2012.

Purnama, I. L., & Aldila, E. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence Dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–43, 2016. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3267.26-41

Rahmawati, N. K. Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), P: 121, 2017. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1585

Rosyidah, U. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), P: 115–124, 2016. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018

Sardadevi, N., & Winarti, A. Keefektivan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Terintegrasi Multiple Intelligence Dalam Pengembangan Kemampuan Kerjasama, Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Hidrolisis Garam Siswa kelas XI IPA SMAN 11 Banjarmasin. Journal of Chemistry And Education, Vol.1, No.2, P: 195–203, 2017.

Suprapti, E. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), P: 57, 2016. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.98

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Rosdakarya, 2017.

Tristanti, L. B. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP, Vo. 6, No. 3, P: 1–10, 2017. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173

Umar, W. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), P: 1, 2012. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Williams, M. M. Models of Character Education: Perspectives and Developmental Issues. The Journal of Humanistic Counseling, Education and Development, 39(1), P: 32–40, 2000. https://doi.org/10.1002/j.2164-490x.2000.tb00091.x

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), P: 33–38, 2016.https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033

Published

2020-02-29