STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PADA AUTIS SLB AUTIS JALINAN HATI PAYAKUMBUH

Authors

  • Astuti Anjarwati Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i1.3500

Abstract

Autistic children are not able to activate social, even like living in their own world. This is experienced by autistic children in SLB Autis Braided Hearts Payakumbuh but as a teacher needs strategies in overcoming the difficulty of reading the Koran on autism. This study emphasizes the way and strategy teachers guide reading the Koran by using qualitative methods, which are descriptive. Data collection techniques used were observation and interviews. The results of this study find ways to be used through psychic learning of children, making conducive classes and guiding them individually. The strategy used is to support direct learning, using the iqra method, using learning media and evaluation.

Keywords: Strategy, Alquran, Autism

 

ABSTRAK

Anak Autis tidak mampu berinteraksi sosial, bahkan seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Hal ini yang dialami anak autis di SLB Autis Jalinan Hati Payakumbuh namun sebagai guru perlu stategi dalam mengatasi kesulitan baca Alquran pada autis. Penelitian ini menekankan pada cara dan stategi guru membimbing baca Alquran dengan menggunakan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa cara yang digunakan melalui pendekatan psikis terhadap anak, membuat kelas kondisif dan membimbingnya secara individu. Stategi yang digunakan ialah merancang pembelajaran langsung, mengunakan metode iqra, memakai media pembelajaran dan evaluasi.

Kata Kunci : Stategi, Alquran, Autis

References

Arsyad, Azhar, 2011. Media Pembelajaran,. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hidayat, 2004, Aplikasi Metode TEACCH dan Multisensori-Fernald dalam Optimasi Kemampuan Kognitif dan Prilaku Adaptif Anak Autis. Makalah UPI

Humam, As'ad. 2000. Buku Iqro' Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur'an. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional.

Kemdikbud, Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02 diakses tanggal 18 desember 2019.

Mangunsong. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta:LPSP Fakultas Psikologi UI.

Moleong, Lexi J, 1991, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy, J. 2011 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakara

Mulyana. 2006. Deddy Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Narbuko, Chalid dan Abu Achmadi. 2004, Metodologi Penelitian,. Jakarta: PT Bumi Aksara

PDSPK. 2016. Kemdikbud Indonesia, Statistik Persekolahan SLB. Jakarta: Setjen, Kemdikbud

Priyatna, Andri. 2010, Amazing Autism. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Riyadh,Saad . 2009. Ingin Anak Anda Cinta Al-Qur’an. Solo: Nur Cahaya Ilmu.

Sabri, Ahmad. 2005, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Sa'dulloh. 2010. Metode Qur'any. Yogyakarta: Mutiara Media

Suparlan. 2011. Tanya Jawab pengembangan kurikulum & Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Widyawati, Ika,1997, Simposium Sehari Autisme; Gangguan Perkembangan pada Anak, Jakarta: Yayasan Autis Indonesia

Yuwono, Joko. 2009, Memahami Anak Autistik Kajian Teoritik dan Empirik.. Bandung: Alfabeta

Zainiyati, Salamah, Husniyatus. 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.

Published

2020-02-29