PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MERANCANG PROGRAM PENGAYAAN GURU SDN 4 JIKEN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK PENILAIAN DIRI SENDIRI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Pujiati Pujiati SDN 4 Jiken, Kec. Jiken, Kab. Blora

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v14i2.3475

Abstract

Abstract

The purpose of this research is to analyze the increasing of the teachers’ pedagogical competencies in designing the enrichment program through academic supervision with self assessment on the second semester of the 2018/2019 year academic. This research is a School Action Research (SAR). The location of this research is Elementary School of 4 Jiken, Sub district of Jiken, Regency of Blora. The time of this research is early the first Semester of the 2018/2019 year academic. The subjects of this research are six class teachers (CT) and three subject teachers (ST). Technique of collecting data of this research is non test technique. The instruments of collecting data of this research are the sheets of self assessment, the sheets of observation and documentation. Technique of analyzing data of this research is comparative description. The procedure of this research is using Cycle Model. This research is going on two cycles. The results of this research are 1) pedagogical competencies in designing the enrichment program are increasing lack of competent category (D) become competent category (B) dan pedagogical competencies in designing the enrichment program including in competent category are increasing from 0% on the Early Condition become 22,23% on the First Cycle and 88,88% on the Second Cycle.

Keywords: Pedagogical Competencies, The Enrichment Program, Academic Supervision, Self Assessment

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan kompetensi pedagogik merancang program pengayaan Guru SDN 4 Jiken melalui supervisi akademik teknik penilaian diri sendiri Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Tempat penelitian di SDN 4 Jiken, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Waktu penelitian pada awal Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah enam Guru Kelas (GK) dan tiga Guru Pelajaran (GP). Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan teknik nontes. Alat pengumpulan data penelitian ini dengan lembar penilaian diri sendiri, lembar pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Prosedur penelitian ini menggunakan Model Siklus. Penelitian selama dua siklus. Hasil penelitian ini adalah 1) kompetensi pedagogik merancang program pengayaan meningkat dari kategori kurang berkompeten (D) menjadi kategori berkompeten (B) dan 2) kompetensi pedagogik merancang program pengayaan yang termasuk kategori berkompeten (B) meningkat dari 0% pada Kondisi Awal menjadi 22,23% pada Siklus I dan 88,88% pada Siklus II.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Program Pengayaan, Supervisi Akademik, Penilaian Diri Sendiri.

References

Anonim. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Direktoral Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

---. 2011. Apa itu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)? Artikel dalam https://komunitasgurupkn.blogspot.com/2011/05/apa-itu-penelitian-tindakan-sekolah-pts.html?m=1 diakses pada 1 Februari 2019.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Risnawati. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

---. 2012. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Soetjipto dan Kosasi, Raflis. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, Akhmad. 2013. Supervisi Diri untuk Pertumbuhan Profesional Guru. Dalam https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/12/31/supervisi-diri/ diakses pada 1 Februari 2019.

Sugihartono. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Downloads

Published

2019-07-04