HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS : STUDI META ANALISIS

Authors

  • Seno Seno Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v14i2.3474

Abstract

 

Abstract

This study aims to determine the relationship between social support and the ability to socialize children with special needs (ABK). The relationship / influence will be carefully examined by the results of previous studies. This research uses a meta-analysis method. Meta analysis is the study of a number of research results in a similar problem. The unit of analysis in this study is written documents about the relationship of social support to the ability of ABK socialization in the form of journal articles and research reports taken by purposive sampling based on their compatibility with the research theme. The main instrument of this study is the researchers themselves assisted with documentation guidance. Analysis of the data used is the analysis of quantitative data with percentages and analysis of qualitative data for the data of the results of the narrative study of the researches that were found. The results showed that social support from both the family and the teacher could have a positive effect on the socialization ability of children with special needs.

Keywords: Meta Analysis, Social support, Ability to socialize, ABK

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial terhadap kemampuan sosialisasi anak berkebutuhan khusus (ABK). Hubungan/ pengaruh tersebut akan penulis teliti dari hasil-hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Meta analisis merupakan kajian atas sejumlah hasil penelitian dalam masalah yang sejenis. Unit analisis dalam penelitian adalah dokumen-dokumen tertulis tentang penelitian hubungan dukungan sosial terhadap kemampaun sosialisasi ABK yang berupa artikel jurnal dan laporan penelitian yang diambil secara Purposive sampling berdasarkan kesesuaiannya dengan tema penelitian. Instrumen utama penelitian ini ada peneliti sendiri dibantu dengan panduan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan prosentase dan analisis data kualitatif untuk data-data hasil kajian naratif terhadap penelitian-penelitian yang ditemui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial baik itu dari keluarga maupun guru dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan sosialisasi anak berkebutuhan khusus.

Kata Kunci: Meta Analisis, Dukungan sosial, Kemampuan sosialisasi, ABK

 

References

Dayakisni. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM press.

Efendi, M (2008), Pengantar psikopedagogik anak berkelaian, Jakarta : Bumi Angkasa

Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. (2006). Exceptional Learners: Introduction to Special Education 10th ed. USA: Pearson.

Irawan, R (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Retardasi Mental Ringan Di Slbn 1 Bantul Yogyakarta 2015. Yogyakarta : Jurnal Keperawatan

Nani, D. (2018). Pengaruh dukungan sosial terhadap kemampuan sosialisasi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Unsoed.

Poerwanti, E. (2007). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta.

Pratiwi, L. (2018). Peran Dukungan Keluarga dan Konsep Diri Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Tunarungu Di Sekolah Inklusif. Philanthrophy Journal of Psychology Vol 2 Nomor 1 (2018), 37-54

Sitompul, A. (2016). Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tuna Daksa di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan. Medan : Universitas Sumatera Utara press

Spayung, R. (2018). Dukungan Sosial Guru dalam Kemampuan Sosialisasi pada Anak Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa Negeri Binjai. Medan : Universitas Sumatera Utara press

Safarino. (2008). Psikologi dan Jiwa.Retrieved from

Setyaningrum, Y (2017). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Autisme Di Yayasan Pondok Pesantren Abk Al-Achsaniyyah Kudus Tahun 2017. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.9 No.1 (2018) 44-50.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Walinono, H 1999, Pendidikan anak iunagrahila masa sekarang dan akan datang, Yogyakarta : Makalah Seminar Nasional Cacat Mental, 23-25 Maret di SLB/D Pembinaan Yogyakarta

Downloads

Published

2019-08-04