CARA BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SELANG, KETAKSAMAAN DAN NILAI MUTLAK
DOI:
https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v14i2.3473Abstract
Abstract
Inequality is a mathematical statement that contains one of the sequence relations <,>, ≤, ≥. This sequence relation has been known by students since they were in elementary school, junior high school, senior high school and even went to university. In Higher Education material lapse, inequality and absolute grades are found in Differential Calculus courses and become one of the prerequisites for other courses namely Differential Calculus. Based on our observations at the Mathematics Education Study Program FKIP Palembang PGRI University, the understanding of solving interval questions, inequality and absolute values cannot be understood well by students, which we conclude that students still feel confused and make many mistakes in solving problems a matter of lapse, inequality and absolute value. In this description, we present how to think in solving intervals, inaccuracies and absolute values so that students can solve these problems.
Keywords: how to think with intervals, inequality, absolute value.
Â
Abstrak
Ketaksamaan adalah pernyataan matematik yang memuat salah satu relasi urutan <, >, . Relasi urutan tersebut sudah dikenal siswa sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas bahkan sampai ke Perguruan Tinggi. Di Perguruan Tinggi materi selang, ketaksamaan dan nilai mutlak terdapat pada mata kuliah Kalkulus Diferensial dan menjadi salah satu prasyarat bagi mata kuliah yang lain yaitu Kalkulus Diferensial. Berdasarkan pengamatan kami di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang, pemahaman tentang penyelesaian soal-soal selang, ketaksamaan dan nilai mutlak belum dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa, yang mana kami berkesimpulan bahwa mahasiswa masih merasa bingung dan banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal tentang selang, ketaksamaan dan nilai mutlak. Dalam uraian ini kami kemukakan bagaimana cara berpikir dalam menyelesaikan soal-soal selang, ketaksamaan dan nilai mutlak sehingga mahasiswa bisa menyelsaikan persoalan tersebut.
Kata Kunci : cara berpikir dengan selang, ketaksamaan, nilai mutlak.   Â
References
Frank Ayres Gr. 1990. Teori dan Soal-soal Diferensial dan Integral Kalkulus, Edisi ke-2. Jakarta : Erlangga
Mursita. Danang. 2004. Matematika Dasar Untuk Perguruan Tinggi. Bandung; Rekayasa Sains.
Purcell Edwin G. Dan Varberg Dali. 1995. Kalkulus dan Geometri Analisis Jilid 1, Edisi Ke-5. Jakarta : Erlangga
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstansi Keadaan Masa Kini Menuju Keadaan Masa Depan). Dikti : Jakarta.
Soemartojo, Nunik. 1992. Kalkulus Dasar, Edisi Ke-2. Fakultas Ekonomi Universitas Indoniseia Jakarta.