HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI NEGATIF DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v12i1.3457Abstract
ABSTRACT
The aim of this research is to know whether there is a correlation between negative self concept with sosial anxiety to students grade X MIPA at SMA Negeri 6 Surakarta in the 2017/2018 academic year. The population in this research was all students grade X MIPA of SMA Negeri 6 Surakarta in the 2017/2018 academic year with the total number was 165 students Simple random sampling was used as sample with total number was 65 students. In collecting the data used questionnaire and documentation. Questionnare was used to get the data about negative self concept and social anxiety. Whereas, documentation was used to get the students name who became respondent in this research. The technique of data analysis was product moment correlation.Based on the data analysis, it was obtained that the r-count=0,617 next the score of r-count was consulted with r-table product moment with N=65 and the significance level 5% ans 1% was 0.244 and 0.317. Based on the data analysis r-count was high than r-table or 0.244<0.617>0.317. So, the null hypothesis or Ho is rejected and the working hypothesis or Ha accepted. The truth that is “There is positive correlation an significance between negative self-concept with social anxiety to student grade X MIPA at SMA Negeri 6 Surakarta in the 2017/2018 academic year, is accepted in significance level 5% and 1%.
Keyword: Correlation, Negative Self-Concept, Social Anxiety.
Â
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri negatif dengan kecemasan sosial pada siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 165 siswa, sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling sejumlah 65 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan guna memperoleh data tentang konsep diri negatif dan kecemasan sosial. Sedangkan metode dokumentasi digunakan guna memperoleh data nama siswa yang akan menjadi responden dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan dari hasil analisis data, diperoleh nilai r hitung yaitu sebesar 0,617 selanjutnya nilai r hitung tersebut dikonsultasikan dengan r tabel product moment dengan N = 65 dan taraf signifikasi 5% dan 1% yaitu 0,244 dan 0,317 ternyata hasil analisis data yang diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,244 < 0,617 > 0,317. Dengan demikian hipotesis nihil atau Ho ditolak dan hipotesis kerja atau Ha diterima kebenarannya yaitu “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri negatif dengan kecemasan sosial pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018â€, diterima kebenarannya baik pada taraf signifikasi 5% dan 1%.
Kata kunci: Hubungan, Konsep Diri Negatif, Kecemasan Sosial.
Â
Â
Â
References
Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung. Alfabeta.
Safira Pramitasari & Atika Dian Ariana, 2014 Hubungan antara Konsep Diri Fisik dan Kecenderungan Kecemasan Sosial pada Remaja Awal Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.
Sinambela, L.P. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.