STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF PICTURES IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT

Authors

  • Habibi Nur Hidayanto Institut Agama Islam Negeri Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v14i1.2751

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada teks deskriptif dan untuk mengetahui penerapan gambar sebagai media dalam mengajar menulis pada teks deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas tujuh SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gemolong Sragen. Sampel berjumlah 40 siswa. Desain penelitian tindakan dilakukan secara kolaboratif dengan guru-guru bahasa Inggris senior dalam mengamati implementasi gambar sebagai media dalam mengajar menulis pada teks deskriptif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar sebagai media dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan kondisi kelas menjadi lebih menyenangkan.

Kata kunci: Persepsi Siswa, Media, Gambar, Teks Deskriptif, CAR

Published

2019-02-20