STRATEGI MENGAJAR ACADEMIC WRITING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA ILMIAH MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

Authors

  • Fibriani Endah Widyasari, Umi Sholihah

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2261

Abstract

Abstrak

Karya ilmiah menjadi tututan bagi sivitas akademika, tanpa terkecuali bagi mahasiswa guna meningkatkan kualitas berfikir secara kritis dan sistematis sebagai media refleksi untuk mengukur kemampuan dari bidang ilmu yang telah dipelajari selain untuk mengangkat kredibilitas institusi pendidikan yang mulai bersaing di tingkat internasional. Kenyataan ini tidaklah mudah untuk direalisasikan karena banyaknya faktor yang mempengaruhi pencapaiannya, mulai dari sumber daya manusia, kurangnya pengetahuan, minimnya strategi mengajar yang tepat yang mampu menjembatani kebutuhan mereka dalam menulis karya ilmiah. Dengan pertimbangan kebutuhan karya ilmiah yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Widya Dharma Klaten memberikan pengetahuan tentang Academic Writing secara dini dan terstruktur dengan strategi mengajar yang tepat bagi mahasiswa supaya mampu menghasilkan karya ilmiah baik untuk kebutuhan kompetisi, tugas menulis maupun tugas akhir mereka berupa skripsi pada mata kuliah Writing I sampai dengan VI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses pengajaran materi Academic Writing guna meningkatkan kualitas karya ilmiah bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris di Universitas Widya Dharma Klaten, Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data akan dilakukan secara langsung di kelas yang sudah ditentukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa hasil menulis mahasiswa. Data kualitatif akan dianalisis melalui reduksi data, pemaparan data dan proses validasi 

Kata Kunci : Academic writing, karya ilmiah, strategi mengajar.

 

Abstract

Academic writing is the obligation should be done by all the students to encourage their critical thinking and systematically as the measurement of the material has been learnt and the tool to improve the institution credibility as the academic writing becomes the competition among students in the wild range of categories. In fact, the academic writing achievement is way too hard for students concerning to the many factors influenced, the limited number of the human resources to teach academic writing, the lack of knowledge about academic writing and less of appropriate teaching strategies to improve students ability in writing academically because of its difficulties have become the major factors of students’ low capability in academic writing. Realizing academic needs require students to write some sort of academic writing, the English department of study program decided to teach students as early as possible and provide the appropriate teaching strategies as it needed in the field of competition, assignments and research and it is implemented into curriculum given in the form of Writing I to Writing VI in each semester which should be mastered by student in order to develop their academic writing skills. This study is the qualitative research which collecting the data by conducting observation, interview and documentation. The data collected was analyzed through data reduction, display and also through data triangulation.

Keywords: Academic writing, Teaching Strategies.

Published

2018-08-27