Pendidikan Kewarganegaraan dalam Program Sekolah Ramah Anak: Kajian Literatur Terhadap Hubungan dengan Pencegahan Bullying
DOI:
https://doi.org/10.33061/jww.v19i1.10186Abstrak
Pendidikan Kewarganegaraan memainkan peran krusial dalam membentuk karakter siswa dan membawa dampak positif terhadap lingkungan sekolah. Riset ini berusaha merefleksikan hubungan antara implementasi PKn dalam program sekolah ramah anak dengan upaya pencegahan bullying. Kajian ini bertujuan menganalisis sejauh mana integrasi PKn dalam sekolah ramah anak dapat berkontribusi dalam mengurangi perilaku bullying pada pembelajar. Penelitian ini berbasis pendekatan kualitatif, dengan metode studi literatur. Kajian literatur dilakukan melalui analisis makalah ilmiah, buku, dan dokumen-dokumen relevan yang menyoroti peran PKn dalam pengembangan karakter, promosi nilai-nilai kewarganegaraan, serta hubungannya dengan pencegahan bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dan upaya pencegahan bullying dapat terkait baik pada tujuan, materi kurikulum, sampai kepada pendekatan dan strategi metode pembelajaran PKn. PKn dalam konteks Sekolah Ramah Anak dapat membantu membentuk karakter positif dan mencegah perilaku bullying.
Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Ramah Anak, Bullying.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siska Damayanti, Karim Suryadi, Sri Wahyuni Tanszhil

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.