Pendidikan Kewarganegaraan dalam Program Sekolah Ramah Anak: Kajian Literatur Terhadap Hubungan dengan Pencegahan Bullying

Penulis

  • Siska Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karim Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Wahyuni Tanszhil Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33061/jww.v19i1.10186

Abstrak

Pendidikan Kewarganegaraan memainkan peran krusial dalam membentuk karakter siswa dan membawa dampak positif terhadap lingkungan sekolah. Riset ini berusaha merefleksikan hubungan antara implementasi PKn dalam program sekolah ramah anak dengan upaya pencegahan bullying. Kajian ini bertujuan menganalisis sejauh mana integrasi PKn dalam sekolah ramah anak dapat berkontribusi dalam mengurangi perilaku bullying pada pembelajar. Penelitian ini berbasis pendekatan kualitatif, dengan metode studi literatur. Kajian literatur dilakukan melalui analisis makalah ilmiah, buku, dan dokumen-dokumen relevan yang menyoroti peran PKn dalam pengembangan karakter, promosi nilai-nilai kewarganegaraan, serta hubungannya dengan pencegahan bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dan upaya pencegahan bullying dapat terkait baik pada tujuan, materi kurikulum, sampai kepada pendekatan dan strategi metode pembelajaran PKn. PKn dalam konteks Sekolah Ramah Anak dapat membantu membentuk karakter positif dan mencegah perilaku  bullying.

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Ramah Anak, Bullying.

Diterbitkan

2024-02-28