KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SMP NEGERI 4 WONOGIRI
DOI:
https://doi.org/10.33061/jww.v18i2.10161Abstrak
KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 WONOGIRI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP N 4 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Non equivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berjumlah 10 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan mann whitney dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis diperoleh uji Mann-Whitney U sebesar 5,100 dengan signifikansi sebesar 0,000. Angka signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,051, sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah diberikan treatment. Hasil tersebut dapat diambil dari hasil analisis yaitu, modeling simbolis efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP N 4 Wonogiri. Simpulan penelitian ini adalah teknik modeling simbolis efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP N 4 Wonogiri.
Kata kunci: modeling simbolis, motivasi belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 taufik sani santoso

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.