Pelatihan Inventory Stock dan Pelaporan Penjualan untuk Mendukung Distribusi Produk Industri AMDK NUCless di Lingkungan Ranting MWC NU Kertosono
Abstract
Pelatihan yang diselenggarakan Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kecamatan Kertosono ini
bertujuan membangun pemahaman terhadap 1) pemasaran dengan konsep baruan pemasaran 4P, 2) pemahaman
pentingnya mengelola stok barang dagangan dengan penguasaan teori inventory stock, dan 3) menguasai sistem
pencatatan pemesananan dan pelaporan penjualan barang. Sasaran pelatihan adalah pengelola distribusi dan
penjualan produk air minum dalam kemasan Nu Cless, merupakan produk mandiri dari usaha yang dikelola oleh
Majelis Musyarawah Cabang (MWC) Nahdladtul Ulama Kecamatan Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur. Pengelola
distribusi saat ini masih belum memahami tentang pentingnya strategi pemasan, pemahaman pentingnya menjaga
stok barang dan melakukan pencatatan kebutuhan yang digunakan untuk mengendalikan pemesanan barang.
Harapanya dengan pelatihan ini memberikan dampak peningkatan penjualan yang menguntungkan distributor dan
badan usaha pemroduksi prduk NuCless.
Keywords: Teori Inventori Stok; Bauran Pemasaran; Pencatatan Pemesanan; Pelaporan Penjualan.
References
Armstrong, Kotler P., dan Gery. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta; Erlangga.
Alma, B. (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Tunggal, A. W. (2018). Dasar Dasar Manajemen Logistik dan Supplay Chain Manajemen. Jakarta:
Harvarindo.
Kurniawan, R. (2020). Manajemen Logistik & Supplay Chain Management. Materi Ajar. Prodi
Manajemen FEB UNP Kediri. Tidak dipublikasikan.