Penguatan Sekolah Ramah Anak Melalui Pelatihan Membuat Kerajinan Kawat Bulu Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah Beji

Authors

  • Hamdani Putri Fadila Universitas Slamet Riyadi Surakarta Mahasiswa
  • Oktiana Handini Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Delvinka Putri Valentina Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/tc.v2i2.13099

Abstract

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan untuk memperkuat

lingkungan sekolah ramah anak di MI Muhammadiyah Beji. Cara yang digunakan adalah dengan memberikan

bimbingan dalam membentuk karakter peserta didik melalui penguatan nilai-nilai sikap positif seperti tolong

menolong, saling menghargai, tidak mengejek, serta tidak membully. Nilai-nilai ini ditekankan agar menciptakan

suasana sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan emosional serta sosial peserta didik. Setelah

itu, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan membuat kerajinan tangan menggunakan kawat bulu (chenille wire)

sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kesadaran

peserta didik tentang pentingnya memiliki karakter yang baik, kemampuan berkreasi, serta semangat kewirausahaan

melalui karya yang telah mereka buat. Kegiatan ini membuktikan bahwa pentingnya menggabungkan pendidikan

karakter dengan pelatihan kreativitas dalam rangka menciptakan sekolah ramah anak.

Keywords: Sekolah Ramah Anak; Pendidikan Karakter; Kreativitas; Kerajinan Kawat Bulu.

References

Astarani, K., Richard, S. D., Taviyanda, D., Wasyana, D. A. A., Apriliana, C., & Permatasari, O. C.

(2024). Penguatan Pengetahuan Peserta didik dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah

Anak Anti Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,

5(1), 209–221. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527

Fauzan, R., Mustaidah, & Soejono. (2024). PERAN GURU DALAM PENGUATAN

PENYELENGARAAN SEKOLAH RAMAH ANAK Rizki. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 09(04), 1014–1024.

Fauziah, R. R. (2024). Pendampingan Program Anti Bullying Menuju Sekolah RamahAnak Di

Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Menganti. JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Desa, 5(3), 2745–5947. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/jpmd

Gede Mulawarman, W., Halimah, S., & Dwi Yuliani, R. (2024). Penguatan Kepemimpinan Kepala

Sekolah Dalam Manajemen Sekolah Ramah Anak Sebagai Aktivis Perlindungan Anak Di Kutai

Timur. Communio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 2964–4801.

Handini, Oktiana. "Analisis Model Pembelajaran 4C pada Sekolah Ramah Anak di Kelas Rendah

Sekolah Dasar Kota Surakarta." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7.6 (2023):

7836-7842

Marselinus, K., Yurita, M., Sabarina Panjaitan, R., Mustafida, I., Efkelin Mose, R., Imelda, I., &

Lipin, L. (2024). Jurnal Kemitraan Masyarakat. Jurnal Kemitraan Masyarakat, 1(3), 168–181.

Published

2025-08-22

How to Cite

Universitas Slamet Riyadi Surakarta, H. P. F., Universitas Slamet Riyadi Surakarta, O. H., & Universitas Slamet Riyadi Surakarta, D. P. V. (2025). Penguatan Sekolah Ramah Anak Melalui Pelatihan Membuat Kerajinan Kawat Bulu Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah Beji. THE COMMUNITY, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.33061/tc.v2i2.13099