Penguatan Sekolah Ramah Anak Melalui Pelatihan Membuat Kerajinan Kawat Bulu Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah Beji
DOI:
https://doi.org/10.33061/tc.v2i2.13099Abstract
Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan untuk memperkuat
lingkungan sekolah ramah anak di MI Muhammadiyah Beji. Cara yang digunakan adalah dengan memberikan
bimbingan dalam membentuk karakter peserta didik melalui penguatan nilai-nilai sikap positif seperti tolong
menolong, saling menghargai, tidak mengejek, serta tidak membully. Nilai-nilai ini ditekankan agar menciptakan
suasana sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan emosional serta sosial peserta didik. Setelah
itu, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan membuat kerajinan tangan menggunakan kawat bulu (chenille wire)
sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kesadaran
peserta didik tentang pentingnya memiliki karakter yang baik, kemampuan berkreasi, serta semangat kewirausahaan
melalui karya yang telah mereka buat. Kegiatan ini membuktikan bahwa pentingnya menggabungkan pendidikan
karakter dengan pelatihan kreativitas dalam rangka menciptakan sekolah ramah anak.
Keywords: Sekolah Ramah Anak; Pendidikan Karakter; Kreativitas; Kerajinan Kawat Bulu.
References
Astarani, K., Richard, S. D., Taviyanda, D., Wasyana, D. A. A., Apriliana, C., & Permatasari, O. C.
(2024). Penguatan Pengetahuan Peserta didik dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah
Anak Anti Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,
5(1), 209–221. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527
Fauzan, R., Mustaidah, & Soejono. (2024). PERAN GURU DALAM PENGUATAN
PENYELENGARAAN SEKOLAH RAMAH ANAK Rizki. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 09(04), 1014–1024.
Fauziah, R. R. (2024). Pendampingan Program Anti Bullying Menuju Sekolah RamahAnak Di
Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Menganti. JPMD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Desa, 5(3), 2745–5947. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/jpmd
Gede Mulawarman, W., Halimah, S., & Dwi Yuliani, R. (2024). Penguatan Kepemimpinan Kepala
Sekolah Dalam Manajemen Sekolah Ramah Anak Sebagai Aktivis Perlindungan Anak Di Kutai
Timur. Communio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 2964–4801.
Handini, Oktiana. "Analisis Model Pembelajaran 4C pada Sekolah Ramah Anak di Kelas Rendah
Sekolah Dasar Kota Surakarta." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7.6 (2023):
7836-7842
Marselinus, K., Yurita, M., Sabarina Panjaitan, R., Mustafida, I., Efkelin Mose, R., Imelda, I., &
Lipin, L. (2024). Jurnal Kemitraan Masyarakat. Jurnal Kemitraan Masyarakat, 1(3), 168–181.


