KETERAMPILAN PENGASUHAN PADA WARGA KAMPUNG NELAYAN DESA TAMBAKBULUSAN KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK
Abstrak
Keterampilan dalam pengasuhan sangat dibutuhkan oleh orangtua agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pengasuhan, diantaranya adalah faktor lingkungan dan faktor pendidikan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa nelayan dalam pengasuhan anak dan remaja. Metode yang digunakan adalah psikoedukasi dalam bentuk pelatihan parenting. Rangkaian kegiatan dimulai dengan perkenalan dan kontrak, penjelasan maksud dan tujuan, serta penyampaian materi pengasuhan yang dibagi dalam 4 sesi/hari. Setelah sesi pelatihan selesai dilanjutkan dengan membentuk support group parenting dan rumah parenting. Setelah program selesai dilakukan pengukuran tingkat pengasuhan yang telah dicapai oleh peserta. Alat ukur yang digunakan adalah Parenting and Family Adjustment Scale (PAFAS). Skala pengasuhan terdiri dari 28 aitem dengan reliabilitas Alpha Cronbach 0,627. Dari 58 peserta diperoleh data latar belakang pendidikan 32.2% lulusan SD, 35.6% lulusan SMP/MTS, 22% lulusan SMA/SMK dan 8.5% lulusan sarjana. Latar belakang pekerjaan diketahui 88% sebagai ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil pengukuran diketahui 17,2% peserta memiliki tingkat pengasuhan dalam kategori rendah, 70,7% peserta memiliki tingkat pengasuhan dalam kategori sedang dan 12,1% peserta memiliki tingkat pengasuhan dalam kategori tinggi.Kata Kunci: Pengasuhan, pengetahuan, keterampilan, orangtua
Referensi
Bonaba, B. G., & Koohsar, A. A. (2011). Relation Between Quality of Attachment And Anxiety In Delinquent Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 959-962.
Brooks, J. (2011). The Process Of Parenting. (R. Fajar, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Farrington, D. P., Loeber, R., Yin, Y. Y., & Anderson, S. J. (2002). Are Within-Individual Causes of Delinquency The Same As Between-Individual Causes? Criminal Behaviour and Mental Health, 12, 53-68.
Garvin. (2017). Pola Asuh Orangtua Dan Kecenderungan Delinkuensi Pada Remaja. Jurnal Psikologi Psibernetika, 10.
Hossain, S. M., Huq, S., Adhikari, B., Zai, S. Z., & Haque, S. M. (2015). Parenting Skills And Child Behavior: A Cross-Sectional Study In Some Selected Areas of Nepal. South East Asia Journal of Public Health, 5(1), 44-56.
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (S. Istiwidayanti, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Johnson, P. B., & Malow-iroff, M. S. (2008). Adolescent And Risk: Making Sense of Adolescent Psychology. United States of America: Praeger Publisher.
Knowles, Malcolm S. 1980. Adult Learning. Dalam Craig R. L. â€Training and Development Handbook. A Guide to Human Resources Developmentâ€, hal. 168-178. New York : McGraw-Hill Book Company.
Kusumawardani, U. (2018). Hubungan Komunikasi Ibu Dan Anak Dengan Perilaku Delinkuen Remaja. Developmental and Clinical Psychology.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Lunandi, A. G. 1982. Pendidikan Orang Dewasa sebuah Uraian Praktis untuk Pembimbing, Penatar, Pelatih, dan Penyuluh Lapangan. Jakarta : PT. Gramedia.
Maryam, S., 2017. Gambaran Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Ibu Pada Anak Usia Dini Di Gampoang Pande Gajah Kecamatan Matang Glumpang Dua Kabupaten Bireuen. Jurnal Ar-raniry Vol 3 No 2 September 2017
Palmer, E. J., & Hollin, C. R. (2001). Sociomoral Reasoning, Perceptions of Parenting and Self-reported Delinquency in Adolescents. Applied Cognitive Psychology, 15, 85-100.
Rahmania, A. M., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan antara Persepsi Terhadap Kontrol Orangtua dengan Kecenderungan Perilaku Delinkuensi pada Remaja yang pernah Terlibat Tawuran. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1.
Sanders, M. R., Morawska, A., Haslam, D. M., Filus, A., & Fletcher, R. (2014). Parenting and Family Adjustment Scales (PAFAS): Validation of Brief Parent-Report Measure For Use In Assessment of parenting skill and family relationship. Child Psychiatry and Human Development, 45(3), 255-272. doi:10.1007/s10578-013-0397-3