PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI PENGUATAN STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA
Abstract
Program pengabdian ini memfokuskan pada pengembangan desa wisata melalui peningkatan strategi komunikasi pariwisata. Tujuan program ini adalah menjadikan mitra sebagai model pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan kesejahteraan masyarakat berkelanjutan melalui potensi desa wisata di Desa Mangunan dengan strategi komunikasi pariwisata. Komunikasi pariwisata yang ditawarkan ke masyarakat adalah: public relations (humas kepariwisataan),tourism and hospitality campaign planner, tourism brand and branding specialist, marketing communication, digital communication, yang berbasis pada community based tourisms dan kearifan lokal.Program pemberdayaan masyarakat (partisipasi aktif) sebagai inti gerakannya, pendekatan yang dilakukan dengan community based tourism dengan menempatkan mitra sebagai pelaku utama pada setiap tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program dalam komunikasi pariwisata. Pendekatan pemberdayaan (partisipasi aktif) dalam pengabdian ini berprinsip pada kemandirian masyarakat, metode ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan menguatkan kemampuan pengelola desa wisata dalam hal mengelola pengunjung dengan keramahtamahan dan profesionalisme.
Program yang dilakukan, meliputi: Pelatihan komunikasi pariwisata untuk mendesain model komunikasi pariwisatadan komunikasi Pemasaran Desa Wisata. PelatihanKomunikasi Efektif dan Komunikasi Pariwisata menghadirkan narasumber Ibu NitaAndrianti, S.IP., M.A (Dosen dan Peneliti bidang Komunikasi Pariwisata). Pelatihan komunikasi pariwisata ini meliputi pemberian pemahaman berkaitan dengan peran dan tanggungjawab humas, sekaligus mengurai persoalan desa wisata dengan pendekatan komunikasi pariwisata. Pelatihan komunikasi pemasaran, strategi promosi produk wisata, iklan, dan branding Desa Wisata menghadirkan narasumber Erwan Sudiwijaya,S.Sos., MBA (Dosen Ilmu Komunikasi UMY). Sementara FGD penentuan Branding dipandu oleh Bapak Tanto Lailam, S.H., LL.M. Selain itu, program komunikasi pariwisata yang ditawarkan terkait digital tourismuntuk merebut pasar global. Program lainnya adalah fasilitasi website untuk desa wisata www.dewimangunan.com
Kata Kunci: Desa Wisata, Komunikasi Pariwisata, digital tourism
References
Yusuf Adam Hilman dan Krisna Megantari, Model City Branding Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Lokal Provinsi Jawa Timur, Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media Volume 2, Nomor 2, Oktober 2018
Eko Murdiyanto, dalam “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa WisataKaranggeneng, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Jurnal Sepa Vol. 7 No.2 Februari 2011.
Kusumasari, Bevaola, dan Hempri Suyatna,(2015) dalam “Peningkatan Kapabilitas Pemasaran Pascabencana Bagi Perempuan Hunian Tetap Pager Jurang, Sleman, Yogyakartaâ€, Jurnal Indonesian Journal of Community Engagement Vol. 01. No. 01.
Made Heny Urmila Dewi, Chafid Fandeli, M. Baiquni, dalam “Pengembangan DesaWisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali, Jurnal Kawistara, Vol. 3, No. 2, Agustus 2013
Widjajanti, Kesi, (2011) dalam “Model Pemberdayaan Masyarakatâ€, Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1.