REKAYASA MESIN PELET MULTIFUNGSI UNTUK MEMBUAT PAKAN TAMBAHAN IKAN NILA DARI LIMBAH PERTANIAN DAN INDUSTRI

Authors

  • Samsul Bakri & Musabbikhah

Abstract

Tingginya harga pelet dan konsentrat sebagai pakan utama ikan nila, berdampak pada banyaknya budidaya ikan nila yang gulung tikar. Ketersediaan limbah pertanian yang difermentasi dengan Suplemen Organik Cair (SOC) menjadi pakan tambahan yang ekonomis untuk pelet ikan nila memicu.eksistensi budidaya ikan nila. Limbah yang dimanfaatkan dan diolah sebagai pakan tambahan antara lain: limbah kedelai, ampas tahu dan tongkol jagung. Namun, seiring eksistensi budi daya ikan nila ini terselip permasalahan dalam pembuatan pakan tambahan, khususnya proses pengolahan pakan. Hal ini berdampak pada tingginya penggunaan pelet dan konsentrat karena peralatan untuk pembuatan pelet belum tersedia. Tujuan kegiatan ini adalah rekayasa mesin pelet sistem multifungsi menggunakan horizontal screw system berkapasitas 30 kg/jam untuk membuat pakan tambahan ikan nila yang ekonomis, cepat, dan berkualitas sehingga dapat mengurangi penggunaan konsentrat dan meminimasi biaya pakan agar kesejahteraan mitra meningkat.
Hasil kegiatan ini adalah 1) Mesin pelet horizontal screw system multifungsi berkapasitas 30kg/jam yang memiliki 3 ukuran lubang pelet berbeda, 2) Pakan tambahan ikan nila yang ekonomis, 3) Perbaikan proses produksi pakan ikan.
Kata-kata kunci: mesin pelet, horisontal screw, nila, pakan ikan tambahan, ekonomis

References

Pipit. 2009. Respon Produksi Susu Sapi Friesian Holstein terhadap Pemberian Suplemen Biomineral Dienkapsulasi. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Primalasari, A. 2015. Pemanfaatan Ampas Tahu Untuk Pakan Ternak. Jurnal civitas Akademika, UAJY.

Setiyawan, E. 2014. Pemanfaatan Limbah Jagung (Tongkol, Klobot, dan Jerami) Sebagai pakan ternak.

Sularso dan Kiyokatsu, S. 1999. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Pradya Paramita: Jakarta.

Suryani, E.N., Gohan, O.M. 2016. Pemanfaatan Tongkol Jagung Sebagai Pakan Ternak Ruminansia. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Wachid M. 2011. Potensi Bioethanol Dari Limbah Kulit Ari Kedelai Limbah Produksi Tempe. GAMMA, 6 (2): 113-122.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-19