PEMANFAATAN GOOGLE CENDEKIA SEBAGAI MEDIA BELAJAR PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SMKN 2 TEGAL

Authors

  • Dairoh, Slamet Wiyono & Nurul Renaningtias

Abstract

Peningkatan mutu seorang guru dilihat dari meningkatnya profesionalisme sebagai seorang guru. Salah satu bentuk meningkatknya keprofesionalisme-an seorang guru yaitu meningkatnya kompetensi seorang guru. SMKN 2 Tegal merupakan sekolah menengah kejuruan yang berada di kota Tegal yang sedang berusaha mengingkatkan kompetensi guru-gurunya dengan melakukan penelitian yang kemudian menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah. Namun, masih banyak guru-guru yang belum bisa melakukan penulisan artikel ilmiah. Para guru masih kesulitan harus memulai dari mana dan bagaimana menuliskan hasil penelitian-nya kedalam artikel ilmiah. Berdasarkan masalah tersebut, kami mencoba memberikan pelatihan bagaimana memulai dan menuliskan hasil penelitian dengan memanfaatkan Google Cendekia sebagai media pelatihan. Pelatihan diberikan selama satu hari penuh dengan jumlah peserta sebanyak 40 guru. Sebelum memulai pelatihan, setiap guru diwajibkan untuk menentukan tema penelitian yang akan dilakukan. Setelah itu, dilakukan pelatihan dengan menggunakan metode demonstrasi dan praktikum. Pemberian materi diberikan secara step by step dimana peserta akan mempraktekan setiap step yang didemokan. Hasil dari pelatihan menunjukan bahwa sebagian besar guru SMKN 2 Tegal merasa terbantu dengan pelatihan yang diberikan. Sebagian besar guru SMKN 2 Tegal sudah paham apa yang harus dilakukan sebelum menulis artikel. Selain itu, mereka juga sudah paham tentang isi dari sebuah artikel ilmiah.
Kata-kata kunci: Google cendekia, artikel ilmiah, guru

References

Alvarado, L. E. and Bretones, F. D. (2018) ‘New working conditions and well-being of elementary teachers in Ecuador’, Teaching and Teacher Education, 69, pp. 234–242. doi: 10.1016/j.tate.2017.10.015.

Basrowi, S. and Suwandi, M. (2008) Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Pe. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Chrisnanto, Y. H. (2013) ‘PENGEMBANGAN SISTEM JURNAL ELEKTRONIK BERBASIS OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS)’, Aristoteles, 10(2).

Djunaidi, D. (2018) ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru’, Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(1), pp. 89–118.

Kamiludin, K. and Suryaman, M. (2017) ‘Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013’, Jurnal Prima Edukasia, 5(1), p. 58. doi: 10.21831/jpe.v5i1.8391.

Ramli, R. and Jalinus, N. (2013) ‘Evaluasi kinerja guru sekolah menengah kejuruan Sumatera Barat pascasertifikasi’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(1), pp. 72–87. doi: 10.21831/pep.v17i1.1362.

Sanjaya, H. (2010) Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Sukmawati, C. and Herawan, E. (2017) ‘Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitmen Guru Dan Mutu Kinerja Mengajar Guru’, Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Susanto, P. (2018) ‘Implementasi Model Tutor Guru OK, Jitu, Efektif dan Kreatif (Motor Gojek ) dalam Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru’, METODIK Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 181–193.

Tanama, Y. J., Bafadal, I. and Degeng, N. S. (2016) ‘PENTINGNYA KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH’, in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Wahab, A. (2017) ‘PUBLIKASI ILMIAH BAGI GURU MADRASAH DALAM MENITI KARIR DAN PRESTASI’, Jurnal Media Inovasi Edukasi (JMIE), 3(3), pp. 40–46.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-16