PENINGKATAN OLAHAN IKAN BANDENG MENUJU PRODUK EKSPOR DI KABUPATEN PATI, JAWA TENGAH

Authors

  • Alan Prahutama, Sugito & Hasbi Yasin

Abstract

Bandeng merupakan salah satu komoditas unggulan kabupaten Pati Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan letak kabupaten Pati yang terletak dipesisir utara pantai Jawa membuat budidaya ikan Bandeng di tambak menjadi tergolong mudah. Melalui kemenristek Dikti, salah satu program untuk peningkatan usaha dan memajukan UMKM di kbuapten tersebut adalah dengan pengabdian masyarakat melalui perguruan tinggi yang menjadi fasiliatornya. Salah satu program pengabdian masyarakat adalah Ipteks bagi Produk Ekspor (IbPE). Program IbPE ini bertujuan untuk menstimulus UMKM untuk membuat produk dengan kualitas produk ekspor, walaupun memamng belum bisa benar-benar dilakukan ekspor, tapi setidaknya ada peningkatan kualitas dari produk tersebut. Olahan ikan bandeng merupakan salah satu olahan makanan yang dapat menjadi bahan fokus pengabdian untuk menjadikan kualitas olahan produk ekspor. UMKM yang menjadi binaan pada program ini adalah UMKM Primadona, merupakan UMKM yang mengembangkan olahan ikan bandeng cabut duri. Program yang telah dilakukan untuk menjadikan produk UKM Primadona menjadi kualitas ekspor antara lain PIRT dan sertifikasi Halal.
Kata-kata Kunci: Kualitas Ekspor, Bandeng, UKM Primadona

References

Agustini, T.W. dan Swastawati, F, 2003, Pemanfaat hasil perikanan sebagai produk bernilai tambah (value added) dalam upaya penganekaragaman pangan, Jurnal teknologi dan Industri Pangan Vol. 15, No.1, hal: 74-81.

Darmawangsyah, Jamaluddin, dan Kadirman, 2016, Fortifikasi Tepung Tulang ikan bandeng dalam Pembuatan Kue kering, Jurnal pendidikan teknologi pertanian, Vol. 2, hal:149-156.

Hafiludin, 2015, Analisis Kandungan Gizi pada ikan bandeng yang berasal dari habitat yang berbeda, Jurnal Kelautan, Vol 8, No.1 April, hal: 37-43.

Kottler P, 2008, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2, Jakarta: Indeks.

Sudrajat, C,. 2008, Bandeng Duri Lunak, Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Saparianto C,. 2009, Bandeng Tanpa Duri dan Cara Pengolahannya: Penerbit: Dahara Prize, Semarang.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15