MESIN PENGRAJANG KARAK UNTUK MENINGKATAN EFISIENSI PRODUKSI

Authors

  • Sri Sumarni
  • Budi Harjanto

Abstract

Usaha mikro merupakan kegiatan usaha yang dapat memperluas lapangan pekerjaan serta memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat dan dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta berperan mewujudkan stabilitas nasional. Selain itu, usaha mikro adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional yang medapatkan kesempatan utama, dukungan, perlindungan serta pengembangan yang secara luas sebagai wujud pihak yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat, tanpa harus mengabaikan peranan usaha besar dan badan usaha milik pemerintah. Salah satu UKM didesa Dukuh adalah centra kerupuk karak, UKM ini dalam proses produksi masih menggunakan alat alat sederhana sehingga sering mengalami kendala, mereka mempunyai semangat untuk maju dan berkembang dan mempunyai harapan adanya alat alat teknologi tepat guna yang lebih efisien dalam hal waktu dan biaya. Kegiatan pengabdian ini akan dilakukan pembinaan kepada UKM centra kerupuk karak di desa Dukuh dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk sehingga dapat meningkatkan produksi melalui penerapan inovasi teknologi tepat guna. Kegiatan saat ini yang telah dilakukan adalah diskusi dengan UKM mengetahui problem yang dihadapi kemudian menawarkan solusi yaitu perancangan alat tepat guna. Adapun alat tepat guna yang akan dirancang yaitu : alat produksi mesin pengrajang kerupuk karak dengan bahan bakar listrik. Dari hasil penelitian alat pengrajang yang dihasilkan meningkatkan efisiensi produksi.
Kata-kata kunci: Mesin, Pengrajang, Kerupuk karak

References

Galeri UKM. 2011. Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah, (Online) (http://galeriukm.web.id/news/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm, diakses 1 februari 2019)

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. 2013. Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.

Sudaryanto dan Hanim,Anifatul. 2002. Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA) : Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol 1 No 2, Desember 2002

Undang undang No 20. 2008. Usaha Mikro Kecil Menengah

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15