SOSIALISASI BUDIDAYA TANAMAN KACANG HIJAU PADA KELOMPOK TANI JETIS KARANGPUNG , KALIJAMBE, SRAGEN

Authors

  • Saiful Bahri & Dewi Ratna Nurhayati

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul : Sosialisasi budidaya tanamankacang hijau pada kelompok Tani Mulyo Jetiskarangpung, Kalijambe Kabupaten Sragen melibatkan semua anggotanya yang merupakan Petani. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan wawasan kepada petani tentang pentingnya Budidaya Tanaman Kacanghijau , sehingga lahan sawah masih dapat diusahakan untuk Tanaman Pangan. Tetapi luaran yang diharapkan yaitu adanya perubahan perilaku petani khususnya kelompok tani Mulyo dalam mengelola lahan sawahnya yang lebih berorientasi pada produk pertanian yang aman dan sehat dan memiliki jenis tanaman yang marketable. Mengingat tanaman kacang hijau banyak diperlukan untuk bahan pangan ( industri bakpia, minuman sari kacang hijau, pelengkap sayuran ) Agar Program ini bisa berkelanjutan maka dilakukan evaluasi dan monitoring secara berkala.
Kata kunci : Budidaya Kacang Hijau, mengelola, marketable,industri, evaluasi dan monitoring.

References

Anon, 1991, Toward sustainability. Soil and Water Research Priorities for Developing Countries, Washington D.C. : National Academy Press.

Brown, L.R, 1995, Nature’s Limits. Dalam : State of the World, New York: W.W. Narton & Company New. Gardner, G, 1996, Presserving Agricultural Resources.Dalam : State of the World, New York : W.W Narton & Company Budidaya Kacang hijau. Tani com.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15