PEMANFAATAN KIDS CORNER DI DESA PAMPANG SEBAGAI SALAH SATU PAKET WISATA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN

Authors

  • Wahyuni Fajar Arum
  • Kartika Fajar Nieamah
  • Nanik Rianandita Sari

Abstract

Desa Ekowisata Pampang merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta yang sedang dalam proses pengembangan potensi wisata. Desa Ekowisata Pampang merupakan suatu desa yang terlerak di Paliyan, Gunung Kidul. Pengeloaan terhadap Desa Pampang sebagai desa Ekowisata mulai dilakukan sejak tahun 2017. Hal ini dilakukan dengan cara pengelolaan potensi wisata oleh masyarakat setempat dalam berbagai kegiatan seperti jasa pariwisata, kerajinan perak, penyediaan air minum untuk desa, pengelolaan pasar dan gedung serbaguna, simpan pinjam dan bank sampah. Metode pelaksanaan pengabdian yang dilakukan untuk meningkatkan daya tarik wisata di bidang edukasi adalah pengembangan fasilitas kids corner yang ada di Desa Pampang, Gunung Kidul dengan pengadaan permainan-permainan jaman dahulu berbahan tradisional seperti kayu. Permainan edukasi yang digunakan pada pengabdian ini berupa puzzle dari kayu yang mengajarkan ilmu sains, kemudian egrang dan otok-otok. Berdasarkan hasil pengabdian dengan pemanfaatan kids corner di desa Pampang bisa terlihat bahwa hal ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan terutama anak-anak kecil. Hal ini terlihat dari ramainya peserta permainan yang mayoritas anak-anak usia Sekolah Dasar. Setiap permainan juga mendapatkan antusias yang sangat tinggi karena kemauan mereka untuk belajar dengan diselingi permainan sehingga tidak membosankan.
.
Kata-kata kunci: pampang, ekowisata, edukasi, wisatawan, pariwisata

References

Hermawan, D. P., Herumurti, D., & Kuswardayan, I. (2017). Efektivitas

Penggunaan game edukasi berjenis puzzle, RPG dan Puzzle RPG sebagai sarana belajar matematika. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(2), 195-

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), 106-118.

Situmorang, M. A. (2012). Meningkatkan kemampuan memahami wacana Melalui media pembelajaran puzzle. Kode: Jurnal Bahasa, 1(1).

Suffah, F., & Setyowati, R. N. (2015). Strategi Komunitas Bermain Tanoker dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air melalui Permainan Tradisional Egrang di Kecamatan Ledokombo Jember Jawa Timur. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(3), 1324-1338.

Susyanti, D. W., & Latianingsih, N. (2014). Potensi Desa Melalui Pariwisata Pedesaan. Epigram, 11(1).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15