PENINGKATAN KETRAMPILAN UMKM “ARIEF MEDIA” MELALUI PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Fadjar Harimurti & Dewi Saptantinah Puji Astuti

Abstract

Pengelolaan Keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan UMKM.Pengelolaan keuangan dapat dilakukan melalui Akuntansi. Akuntansi merupakan proses sistematis untuk menghasilkan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bagi penggunanya. Penggunaan akuntansi dapat mendukung kemajuan UMKM khususnya dalam hal keuangan. Berdasarkan hal diatas maka metode pengabdiann yang dilakukan adalah pendampingan akuntansi sederhana bagi UMKM. Akuntansi yang diajarkan adalah akuntansi sederhana yang disesuaikan dengan keadaan di UMKM namun tidak meyimpang dari standar dan peraturan yang ada. UMKM dapat mengetahui perkembangan usahanya dan dapat memanfaatkan akuntansi guna mendukung kemajuan UMKM mereka. Akuntansi dalam hal ini tersusunnya laporan keuangan memberikan beberapa manfaat bagi pelaku UMKM, antara lain: (1) UMKM dapat mengetahui kinerja keuangan perusahaan, (2) UMKM dapat mengetahui, memilah, dan membedakan harta perusahaan dan harta pemilik, (3) UMKM dapat mengetahui posisi dana baik sumber maupun penggunaannya, (4) UMKM dapat membuat anggaran yang tepat, (5) UMKM dapat menghitung pajak, dan (6) UMKM dapat mengetahui aliran uang tunai selama periode tertentu.
Kata kunci: UMKM, Akuntansi, Laporan keuangan

References

BPS (2012-2014). Perkembangan data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM)

Warren, Carl S.; Reeve, James M.; dan Fess, Philip E. Pengantar Akuntansi, Buku 1. Edisi 21. Jakarta: Salemba Empat, 2005.

Wild, John J.; Subramanyam, K. R.; dan Hasley, Robert F. Analisis Laporan Keuangan, Buku 2. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat, 2005.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15