DIVERSIFIKASI PRODUK LIMBAH KAYU SEBAGAI IMPLEMENTASI ECO-FRIENDLY

Authors

  • IF Bambang Sulistyono, Yayan Suherlan & Sayid Mataram

Abstract

Proses produksi kerajinan kayu banyak menyisakan limbah. Limbah tersebut akan memiliki nilai tambah apabila mendapat perlakuan kreatif. Sehingga dapat menjadi alternative sumber pendapatan yang bernilai tinggi. Selain masalah limbah, permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin adalah alat produksi dan pemasaran produk. Solusi yang ditawarkan pengabdi terhadap masalah tersebut adalah 1) introduksi teknologi penyiapan komponen furniture dengan mesin bubut, 2) introduksi mesin router untuk membuat profil kayu, 3) peningkatan ketrampilan SDM berbasis konsep eco-friendly. Target capian pengabdian masyarakat ini adalah 1) diversifikasi produk berbahan limbah kayu melalui introduksi mesin bubut, 2) peningkatan kualitas dan ragam profil kayu dengan adanya introduksi mesin router, 3) terolahnya limbah kayu menjadi produk bernilai ekonomi tinggi, 4) meningkatnya ketrampilan pengrajin dalam mengolah limbah kayu dengan adanya pelatihan desain, proses produksi, dan finishing. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi mitra untuk meningkatkan daya saingnya, yang berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan tenaga kerja. Selain itu diharapkan mitra terus dapat mengembangkan desain dengan pendekatan gaya modern dipadukan dengan sentuhan estetis local sebagai ciri khasnya.
Kata-kata kunci: limbah kayu, craft, eco-friendly, serenan

References

Eskak, Edi. 2013. Mustaka Rasa: Eksplorasi Kayu Limbah dalam Seni. Tesis Penciptaan Seni. Yogyakarta: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta

Eskak, Edi. 2013. Krisis Bahan Baku Seni Kerajinan Kayu Di Jepara Dan Solusi Pemecahannya. Dinamika Kerajinan dan Batik. Vol. 30, No.2., Desember 2013.

Malik, Usman. 2013. Alternatif Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu Sebagai Arang Briket. Jurnal APTEK Vol. 5 No. 1 Januari2013

Raharjo, Timbul. 2011. Seni Kriya dan Seni Kerajinan. Yogyakarta: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Sutarman, I Wayan. 2016. Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu Di Kota Denpasar (Studi Kasus Pada CV Aditya) . Jurnal PASTI Volume X No 1, 15 – 22.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15