MANFAAT PROGRAM INOVATIF BELASUNGKAWA KIRIM AKTE KEMATIAN (BESUK KIAMAT) PEMERINTAH KOTA SURAKARTA

Authors

  • Dian Esti Nurati

Abstract

Peraturan Walikota Surakarta Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Belasungkawa Kirim Akta Kematian, memuat penjelasan bahwa Program Belasungkawa Kirim Akta Kematian yang selanjutnya disebut Besuk Kiamat adalah program pelayanan cepat penerbitan Kutipan Akta Kematian, Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk elektronik yang langsung dapat diberikan kepada keluarga pada saat penyampaian ucapan belasungkawa oleh Pemerintah Kota Surakarta. Register Akta Kematian adalah daftar yang membuat data autentik mengenai peristiwa kematian yang diterbitkan dan disahkan oleh pejabat berwenang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kutipan Akta Kematian adalah kutipan data autentik yang dipetik sebagian dari register akta kematian yang diterbitkan dan disahkan oleh pejabat berwenang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk mencapai validasi data kependudukan, Pemerintah Kota Surakarta membuat terobosan layanan penerbitan akta kematian satu hari jadi. Layanan baru yang diberi nama Besuk Kiamat, Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian, diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kota Surakarta, Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Pemerintah Kelurahan. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta, Suwarta, program “Besuk Kiamat” diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi warga agar melaporkan dan mengurus akta kematian. Suwarta mengakui selama ini masih banyak yang mengabaikan untuk melapor dan membuat akta kematian ketika ada anggota keluarganya yang meninggal dunia. Program Besuk Kiamat ini untuk memberi kemudahan bagi warga yang anggota keluarganya meninggal dunia. Karena begitu melapor, hari itu juga ahli waris atau pihak keluarga akan langsung menerima akta kematian. Besuk Kiamat, tidak hanya akta kematian yang akan diproses. Pemohon akta kematian juga bakal mendapatkan dokumen kependudukan yang lain. Begitu ada satu anggota keluarga yang meninggal otomatis data dalam kartu keluarga turut berubah, Layanan Besuk Kiamat akan membuatkan Kartu Keluarga baru bagi keluarga tersebut.
Dengan dilaksanakannya Pengabdian Kepada masyarakat ini, diharapkan terciptanya pemahaman warga masyarakat tentang Program Besuk Kiamat, yaitu:
1) Berhasil memberikan pemahaman tentang program Belasungkawa Kirim Akta Kematian (Besuk Kiamat) kepada warga masyarakat sasaran di wilayah Kecamatan Serengan.
2) Berhasil merciptakan pemahaman warga masyarakat di wilayah Kecamatan Serengan, akan program Besuk Kiamat, sehingga mampu membantu Pemerintah Kota Surakarta dalam pelaksanaan program tersebut.
Kata Kunci: Program Besuk Kiamat, Pemahaman Masyarakat.

References

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Peraturan Walikota Surakarta Nomor 1 tahun 2018 Tentang Program Belasungkawa Kirim Akta Kematian.

Survei Penduduk Antar Sensus 2015 (SUPAS 2015)

Pelayanan On-line Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.

Berita TRIBUNJATENG.COM. 12 September 2017

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15