STRATEGI MENGHIDUPKAN BUDAYA LITERASI MELALUI DONGENG

Authors

  • Atikah Anindyarini
  • Sumarwati Sumarwati
  • Budi Waluyo
  • Sri Hastuti & Yant Mujiyanto

Abstract

Pada abad 21 ini, peserta didik dituntut mempunyai keterampilan membaca yang baik sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah telah menggagas dan mengembangkan gerakan literasi sekolah (GLS). Namun, GLS hasilnya belum seperti yang diharapkan. Program ini bisa diselenggarakan dengan baik jika ada dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Baik dukungan dari orangtua, guru, sekolah, maupun masyarakat. Tujuan penulisan artikel ini yaitu ingin memaparkan tentang pengertian literasi dan strategi guru dalam menghidupkan literasi melalui dongeng di sekolah dasar, khususnya pada tahap pembiasaan. Metode penulisan yang dipilih yaitu metode penulisan deskriptif yang bersumber dari kajian pustaka. Simpulan dari artikel ini yaitu sebagai berikut 1. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan audio. 2. Strategi guru yang bisa dilakukan guru dalam menghidupkan literasi melalui dongeng pada tahap pembiasaan yaitu dengan cara (1) menumbuhkan minat siswa gemar membaca,(2) memilih materi yang menarik sesuai dengan timgkat sekolah siswa dan ada pesan moral yang baik.(3) mengondisikan suasana yang nyaman untuk siswa berliterasi dan siswa aktif terlibat di dalamnya, (4) Kegiatan membaca dilakukan secara terus-menerus.
Kata kunci: gerakan literasi sekolah, strategi guru, dongeng

References

Antoro,Billy.2017. Gerakan Literasi Sekolah: Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Faizah, D.U.,dkk.2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar . Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Irianto, P.O dan Febrianti,L.Y 2017. “Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA” dalam seminar Internasional The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.

Moeleong,Lexy .J. 2014. Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Permatasari, Andalusia N., Dinar Nur Intan., Dewi Mulyani. “Literasi Dini dengan Teknik Bercerita” dalam Journal Family Edu. Vol III No.1 April 2017.

Santosa, Hari. 2008.Membangun Minat Baca Anak Usia Dini melalui Penyediaan Buku Bergambar . UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. http://library.um.ac.id/.

Diakses 3 Sepetember 2019.

Teguh, Mulyo. “Gerakan Literasi Sekolah Dasar” dalam Seminar Nasional

Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. 15 Maret 2017.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus versi online/daring (dalam jaringan)

(https://kbbi.web.id/literer) Diakses 3September 2019

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15