PELATIHAN PEMANFAATAN WEBSITE UMKM KEGIATAN JARINGAN INFRASTRUKTUR USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA SALATIGA

Authors

  • Suharyadi & Irwan Sembiring

Abstract

E-commerce memiliki kekuatan yang sangat besar dalam meningkatkan perkembangan suatu usaha. Penggunaan market place memungkinkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk mempromosikan usahanya secara online serta memperluas pangsa pasar dalam rangka meningkatkan omset penjualan dan keuntungan. Sejauh ini, pemanfaatan market place untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di kota Salatiga masih sangat rendah. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Salatiga lebih memaksimalkan penggunaan marketplace dalam rangka memajukan usahanya.
Dalam rangka mendukung UMKM di Salatiga, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah kota Salatiga bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana menyelenggarakan pelatihan penggunaan marketplace yaitu http://larisumkm.com bagi para pelaku UMKM di Salatiga. Dalam kegiatan ini diberikan wawasan kepada para pelaku UMKM tentang model bisnis dan tata aturan bagaimana memasarkan produk melalui internet. Materi yang diberikan meliputi pemahaman tentang bisnis online, keamananan pembayaran dan teknis tata cara membuka toko online di sebuah portal jual beli online.
Pelatihan ini diikuti oleh 35 pelaku usaha di wilayah kota Salatiga, yang berasal dari berbagai bidang usaha meliputi usaha kuliner, kerajinan dan konveksi. Para pelaku UMKM sangat antusias dan sangat terbantu dengan pelatihan ini. Pengembangan aplikasi terus dilakukan untuk menunjang usaha para pelaku UMKM di kota Salatiga.
Kata kunci: e-commerce, marketplace, UMKM

References

Aditya (2017), Salatiga miliki 1400 UMKM, Retrieved from https://krjogja.com/web/news/read/66490/Salatiga_Miliki_1_400_UKM

APJII. (2018). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Jakarta. Retrieved from https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018

Gunartin (2017), Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa, EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, Vol. 1, No. V Desember 2017, ISSN : 2505-5406

Nuryanti (2013), Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ), Jurnal Ekonomi, Volume 21, nomor 4 Desember 2013

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12