PENDAMPINGAN KELOMPOK GURU SD GENUKSARI 02 DALAM PEMBUATAN ACTION RESEARCH MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE

Authors

  • Yulina Ismiyanti
  • Nuhyal Ulia
  • Leli Nisfi Setiana
  • Muhamad Afandi
  • M. Syaifudin
  • Novi Mayasari

Abstract

Action research adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru profesional dalam peningkatan kualitas pembelajaran serta sebagai salah satu syarat bagi guru untuk kenaikan pangkat. Pelatihan penulisan PTK dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman guru-guru SD Genuksari 02 tentang action research, dan (2) meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan laporan action research. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah example non example. Metode example non example adalah metode yang menggunakan contoh-contoh melalui bantuan media gambar atau video yang relevan, sehingga menjadi lebih aktif, kreatif, dan bermakna. Kegitan pengabdian berlangusng selama 5 kali pertemuan pertama memberikan soal pretest, penyampaian materi pengertian, hakikat, dan karakteristik action research; pertemuan kedua membahas model-model dan prosedur action research; pertemuan ketiga membahas penyusunan proposal action research, pertemuan keempat pembahasan tentang pelaksanaan penelitian dan analisis data action research, pertemuan kelima dengan materi penyususnan laporan akhir action research. Kegiatan pengabdian berlangsung kurang lebih selama 3 bulan dimulai dari observasi ke lokasi pengabdian, identifikasi masalah sampai dengan pelatihan dan pendampingan pembuatan action research. Hasil pretest dari 18 peserta dengan jumlah soal 25 diperoleh rata-rata 48,88 setelah dilakukan pendampingan hasil posttest diperoleh rata-rata 79,33.
Kata-kata kunci: kelompok guru SD Genuksari 02, action research, exemple non exemple.

References

Arikunto, S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Cahlotlogo, B. D. 2017. Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial Guru Fisika SMA di Kabupaten Kulonprogo Pasca Sertifikasi. Jurnal UNY. Dapat diakses di https://eprints.uny.ac.id/23362/1/Lap.pdf. Diunduh pada (22 April 2019 pukul 13:29)

LPPM UNISSULA. 2017. Kinerja Pengabdian. Dapat diakses di http://lppm.unissula.ac.id/kinerja-pengabdian/.Diunduh pada (22 April 2019 pukul 1:34).

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12