PEMBUDAYAAN MENDONGENG ISLAMI BERBANTU MEDIA BONEKA JARI PADA MASYARAKAT (POKDAWIS) DESA ROWOSARI

Authors

  • Leli Nisfi Setiana, Turahmat, Evi Chamalah, Aida Azizah & Oktarina P.W.

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah membudayakan mendongeng Islami berbantu media boneka jari pada masyarakat (pokdarwis) Desa Rowosari. Penggunaan metode praktek bertujuan agar dapat memperoleh gambaran yang akan dijabarkan atau dijelaskan dengan penelitian kuantitatif deskriptif mengenai pembudayaan mendongeng Islami. Penelitian ini berusaha memberikan solusi strategi pemecahan masalah dengan memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan dalam memparafrasekan cerita dengan media audio visual berupa dongeng “Kisah 25 Nabi dan Rasul” melalui interaksi, partisipasi, dan kolaborasi antara peneliti dan masyarakat. Pengabdian ini berusaha mencari strategi pemecahan masalah dengan memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan ibu-ibu Pokdawis dalam memparafrasekan cerita, mendeteksi dan memecahkan masalah terhadap kelompok sasaran yang terlibat yaitu kelompok Pokdawis di Rowosari. Berdasarkan hasil kegiatan penerapan mendongeng Islami berbantu media boneka jari kepada kelompok dawis (pokdawis) Desa Rowosari berlangsung berjalan baik dan lancar. Penggunaan alat peraga boneka jari oleh ibu-ibu Pokdawis menjadikan mudah memahami cerita, kemudahan dalam mendongeng, meningkatkan minat anak dalam menyimak dongeng, dan menambah pengetahuan orang tua dan anak terhadap budaya mendongeng.
Kata kunci: Mendongeng Islami, boneka jari, masyarakat Pokdawis

References

Agus. 2008. Pengertian dan Jenis-Jenis Dongeng, (Online), (http://agupenajateng.net/2008/03/25/pengertian-dan-jenis-jenisdongeng.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Sastra, Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rieke Cipta.

Html, diakses pada tanggal 25Maret 2017 pukul 08.35 WIB) BSNP. 2006. Standar Isi dan Kompetensi Kelulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: BP. Cipta Jaya.

Hana, Jasmin. 2011. Terapi Kecerdasan Anak dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti.

Prihatin, Eka. 2008. Guru Sebagai Fasilitator. Bandung: PT. Karsa Mandiri Persada.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bnadung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12