PENINGKATAN PENDAPATAN DAN KAPASITAS KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI JAGUNG

Authors

  • Sapja Anantanyu, D. Padmaningrum & Suminah

Abstract

Kelompok Tani Sidomaju 3 dan dan Kelompok Tani Puji Rahayu merupakan kelompok tani di Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Lahan yang dimiliki oleh anggota kelompok tani ini adalah lahan kering sehingga hampir seluruhnya membudidayakan tanaman jagung. Dalam pengelolaan usahatani, petani hanya menjual produk pertanian dalam bentuk pipilan kepada para tengkulak dengan harga yang berbeda-beda dan relatif rendah. Pendapatan usahatani yang relatif rendah serta belum adanya kelembagaan petani yang kuat merupakan masalah yang dihadapi oleh kelompok tani di daerah atau kawasan lahan kering. Perlu ada upaya untuk memberdayakan anggota kelompok melalui peningkatan kapasitas dan penguatan kelembagaan yang mampu mendukung kegiatan petani, baik yang bersifat ekonomi produktif maupun kerjasama sosial. Pengabdian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam mengolah jagung menjadi produk olahan (tortilla) sehingga mampu meningkatkan nilai tambah (value added). Selaras dengan peningkatan kemampuan tersebut keberadaan kelompok tani perlu ditingkatkan peran dan fungsinya. Melalui pelatihan produksi, penyediaan alat produksi, serta pendampingan kelompok diharapkan tujuan pengabdian dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan pendapatan petani.
Kata kunci: pendapatan, kelembagaan, kelompok tani, jagung

References

Anantanyu, S. 2011. Kelembagaan Petani: Peran Dan Strategi Pengembangan Kapasitasnya. SEPA : Vol. 7 No.2 Pebruari 2011 : 102 – 109 (on-line) (https://agribisnis.fp.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/10/05-Sapja-Anantanyu-Kelembagaan-Petani-Peran-Dan-Strategi-Pengembangan-Kapasitasnya.pdf), diakses tanggal 1 September 2019.

Anonim. 2010. Pembuatan Tortilla Jagung (https://lordbroken.wordpress.com/2010/05/31/pembuatan-tortilla-jagung/), diakses tanggal 1 September 2019.

Anonim. 2015. Diversifikasi Pangan Olahan Bebasis Jagung. BBPP Lembang.

Cartwright, D. dan A. Zander. 1968. “Leadership and Performance of Group Function: Introduction” dalam Group Dynamics: Research and Theory. New York: Harper and Row Publishers.

Combs, P.H. dan M. Ahmed. 1985. Memerangi Kemiskinan di Pedesaan Melalui Pendidikan Non-formal (Terjemahan). Jakarta: CV Rajawali. Herawati, H. 2019. Cara Membuat Keripik Jagung Tortilla Chips. (https://carabuatresep.blogspot.com/2019/01/cara-membuat-keripik-jagung-tortilla.html), diakses tanggal 1 September 2019.

Purwono. 2016. Bertanam Jagung Unggul. Bogor: Fateta IPB Press.

Sugiyono. 2013. Teknologi Pengolahan Jagung. Bogor: Fateta IPB Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12