MENINGKATKAN NILAI PRODUK PAGUYUBAN PENGHASIL GULA JAWA DUSUN KLIWONAN UNTUK MEMASUKI PASAR NASIONAL

Authors

  • Yohanes Satyayoga Raniasta

Abstract

Masyarakat yang tergabung pada paguyuban ini bermatapencaharian sebagai penghasil gula jawa Dusun Kliwonan, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Selama ini masyarakat secara turun temurun memproduksi gula jawa dan menjualnya ke pasar-pasar tradisional di sekitar desa terdekat saja. Melihat potensi yang ada dapat dikembangkan untuk mencapai jangkauan pasar yang lebih luas demi kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat, maka melalui program KKN UKDW pada tahun 2019, masyarakat diberikan pendampingan untuk meningkatkan nilai produk gula jawa. Pendampingan ini dilakukan dalam 4 tahap : Pertama : penyuluhan tentang proses produksi yang baik dan higienis sesuai standar P-IRT, pendampingan untuk menciptakan branding dan packaging produk yang lebih baik, penyuluhan serta inisiasi marketing produk baik online melalui media digital maupun offline bekerja sama dengan toko ritel dalam satu wilayah provinsi, serta pendampingan dan inisiasi pembentukan organisasi yang lebih tertata untuk melanjutkan pengelolaan paguyuban secara mandiri. Hasil yang didapatkan selama masa pendampingan intensif satu bulan penuh adalah terciptanya produk gula jawa dengan branding yang lebih baik, jaringan pemasaran offline yang lebih luas melalui ritel modern dan media online yang cukup representatif, ijin usaha P-IRT yang telah berhasil terbit, serta organisasi sederhana untuk pengelolaan mandiri oleh paguyuban untuk keberlangsungan industri rumah tangga gula jawa ini ke depannya.
Kata-kata kunci: UMKM, Gula Jawa, Nilai Produk, Kliwonan

References

Kristianingrum, Susila. 2009. Analisis Nutrisi Dalam Gula Semut. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Yogyakarta

Praditya, M. 2010. Analisis Usaha Industri Gula Jawa Skala Rumah Tangga di Kabupaten Wonogiri. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Issoesetityo. 2001. Gula Kelapa Produk Industri Hilir Sepanjang Masa. Arkola. Surabaya.

Tuankotta, Nadia, dkk. 2019. Laporan Akhir KKN 2019. Universitas Kristen Duta Wacana. Yogyakarta.

www.isparmo.web.id.2014. Cara Membuat Gula Merah Kelapa/Gula Jawa, website diakses pada tanggal 5 September 2019.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12