PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG OBAT MELALUI GAMES SIMULATION METHODE

Authors

  • Rina Wijayanti
  • Oktarina Puspita Wardani

Abstract

Sikap anak-anak yang enggan minum obat pada saat sakit dikarenakan anggapan bahwa obat merupakan “hukuman” akibat kenakalannya, didukung oleh rasa pahit dan tidak enak dari obat, dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Keengganan minum obat oleh anak-anak ini menyebabkan turunnya kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat, yang dapat berdampak pada tidak tercapainya tujuan terapi. Dalam hal ini, sekolah selaku pelaku transfer pendidikan memegang peranan sangat penting dalam menanamkan informasi mengenai obat dan pemanfaatannya. Minimnya pengetahuan anak usia dini tentang obat mendorong perlunya penanaman pemahaman mengenai obat dan pemanfaatannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang obat pada anak usia dini dalam upaya peningkatan kesehatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Games Simulation Method melalui simulasi pembuatan obat dalam bentuk kapsul, sehingga peserta didik lebih memahami tentang obat melalui aktivitas yang menggembirakan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik mengenai obat dan pemanfaatannya. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian adalah adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan anak usia dini tentang obat melalui Games Simulation Method sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesehatan.
Kata-kata kunci: Games Simulation Method, Obat, Anak Usia Dini

References

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., 2013, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Cetakan Pertama, Unissula Press.

Arfania, M., Andayani, T. M., Rahmawati, F., 2015, Drug Related Problems Pasien Pediatrik di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Vol 5 Nomor 2, Juni 2015.

Kristina, S. A., 2014, Mengenal Lebih Dekat Peran Apoteker, Tribun Jogja, !5 Juni 2014, Halaman 15 Pancaningrum, N., 2016, Strategi Pembelajaran : Taksonomi Bloom dalam Games Simulation Method di Tingkat Raudhatul Athfal, ThufuLA, Vol. 4 No. 1, Juli-Desember 2016.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12