SIKAP DAN KESIAPAN PETERNAK SAPI POTONG TERHADAP PENERIMAAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH FESES DAN URIN DI KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Sutrisno Hadi Purnomo, Rendi Fathoni Hadi & Sulistyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan kesiapan peternak sapi potong terhadap penerimaan teknologi pengolahan limbah feses dan urine ternak di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Propinsi Jawa Tengah. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode survei dengan jumlah sampel 60 responden. Data yang diperoleh meliputi data primer dari pengisian kuesioner oleh responden yaitu peternak dan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Karanganyar. Analisis data yang digunakan adalah analisis validitas, analisis reliabilitas, analisi Fishbein’s Attitude Model dan analisis regresi dilanjut dengan uji f dan t. Uji Validitas dan Reliabilitas menunjukkan hasil yang valid r hitung >0,3 dan reliabilitas nilai α >0,6. Uji Fishbein’s Attitude Model menunjukkan jawaban dari data netral hingga sangat positif. Uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 14,823 + 0,308 X1 + 0,522 X2. Nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0,471 berarti variansi variabel penerimaan teknologi pengolahan limbah feses dan urine dapat dijelaskan oleh variansi data sikap dan kesiapan peternak sebesar 47,1% dan 52,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Pada uji F, diketahui nilai fhitung = 25,414 dan signifikan pada 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh sikap dan kesiapan peternak terhadap penerimaan teknologi pengolahan limbah feses dan urine secara simultan, berdasar uji t sikap peternak, kesiapan peternak berpengaruh signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah sikap dan kesiapan peternak sapi potong berpengaruh terhapan penerimaan teknologi pengolahan limbah feses dan urine.
Kata-kata kunci : Peternak, Teknologi pengolahan limbah feses dan urine, Sikap dan kesiapan.

References

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Alpabeta, Bandung.

Wardayanti, C. Y. 2006. Analisis Pengaruh Pioner Status Sebuah Merek Terhadap Sikap Konsumen dalam Kategori Produk Vitamin C 500mg. Jurnal Manajemen Pemasaran. 1:74-80. Yoga, M. D. 2007. Analisis Pendapatan Sapi Perah Rakyat di Desa Wonokerto

Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang.

Ghozali. 2001. Aplikasi Analisis Multifariant dengan Proses SPSS. Universitas Diponegoro Press, Semarang.

Ghozali. 2006. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Chamdi, A.N. 2003. Kajian Profit Sosial Ekonomi Usaha Kambing di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobokan. Proseding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan veteriner. Bogor 29-30 September 2003. Puslitbang Peternakan Departemen Pertanian Bogor.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta. Sukartawi, 2002. Analisis Usaha Tani. Jakarta. Universitas Indonesia. (UI Pers).

Mardikanto. 1995. Penyuluhan Pembangunan Kehutanan. Kerjasama Pusat Penyuluhan Kehutanan Dengan Fakultas Pertanian UNS, Surakarta. Vink, G.L. 1984. Dasar-dasar Usaha Tani di Indonesia . Yayasan Obor Indonesia, Jakarta. Singgih, S. 2000. Buku Latihan SPSS Statistic Parametrik. Alex Media Komputer, Jakarta. Ratnawati, A. 2011. Sikap Masyarakat Terhadap Layanan Pos di Indonesia (Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Makasar). Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Jakarta. 1: 44-55.

Darman, W. 2012. Pengaruh Kesiapan Fasilitas dan Sikap Penggunaan Peralatan Praktik terhadap Prestasi Praktik Memperbaiki Motor Listrik Siswa Kelas XI SMKN 1 Sedayu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12