PRODUKSI ES SUSU DENGAN ICE MAKER DI KABUPATEN BOYOLALI JAWA TENGAH

Authors

  • Susiana Purwantisari, Siti Nur Jannah, Dwi Handayani, Muhammad Endy Yulianto,
  • Ilyas Teguh Pangestu, Kresna Suryadi

Abstract

Es krim merupakan produk olahan dari susu yang dibuat dengan cara membekukan dan mencampurkan bahan-bahan baku es krim secara bersama-sama seperti susu, gula dan bahan pendukung lainnya. Kabupaten Boyolali adalah sentra peternakan sapi terbesar di Provinsi Jawa Tengah dan terdapat beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) namun hanya sebatas mengumpulkan (pengepul) susu sapi segar hasil pemerahan kemudian langsung dijual di Koperasi Unit Desa (KUD) setempat serta pabrik susu olahan INDOLAKTO. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemasaran susu sapi segar hasil produksi para peternak sapi yang tergabung dalam UKM Karya Bumi dan UKM Tunas Mekar melalui produksi es krim menggunakan alat ice maker. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan program adalah pelatihan pembuatan es krim dengan alat ice maker, membuat standar operasional proses (SOP) produksi es krim, membuat SOP sanitasi dan hygiene produksi es krim serta SOP keselamatan dan kesehatan kerja. Hasil dari kegiatan ini adalah tercapainya keterampilan kedua UKM dalam mengelola susu sapi segar menjadi produk es krim dengan beberapa variasi rasa, higienis yang sesuai persyaratan BPOM dan telah mempunyai SOP produksi es krim dengan alat ice maker, SOP sanitasi dan hygiene produksi es krim serta SOP keselamatan dan kesehatan kerja.
Kata Kunci: Es krim, Susu sapi segar, UKM Karya Bumi, UKM Tunas Mekar, Ice Maker

References

Astawan, Made. 2008. Olahan Sehat Dengan Buah. Jakarta: Dian Rakyat

Buckle, K.A., R.A.Edwards, G.H. Fleet, M. Wootton. 1985. Ilmu Pangan. Terjemahan oleh Hadi Purnomo dan Adiono. Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta.

Hartatie, E.S. 2011. Kajian Formulasi (Bahan Baku, Bahan Pemantap) dan Metode Pembuatan Terhadap Kualitas Es Krim. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hadiwiyoto, S. 1982. Teknik Uji Mutu Susu dan Olahannya. Liberty. Yogyakarta

Laniarti D. dan Syafei H. 1977. Penuntun Pengolahan Air Susu. Direktorat Bina Produksi Peternakan. Jakarta.

Santoso, Agus Bambang dan Ir. Sutrisno. 2001. Buku Panduan teknis Beternak Sapi Perah. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro. Semarang.

Sinurat, E., Murdinah, Bagus, S.B.U. 2006. Sifat fungsional formula kappa dan iota karaginan dengan gum. Jurnal Pasca Panen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 1 (1): 1-8.

Susiana purwantisari dkk. 2018. Proceeding SNK-PPM vol 1, 2018 Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian pada Masyarakat 2018.

Rohmanah. 2013. Manfaat Es krim bagi Tubuh,(online),(http://blogging.co.id/manfaatice-cream), Diakses pada tanggal 14 Juli 2019

Sukarya D, Wayan. 2003. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pemanfaatan Potensi Desa di Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang.

Surono, IS. 2004. Probiotik, Susu fermentasi dan Kesehatan. Tri Cipta Karya. Jakarta.

Tamime, AY dan Robinson, RK. 1999. Yoghurt Science and Technology, 2nd eds, Cambridge : Woodhead Publishing.

Winarno, F.G. dan B.S. Laksmi. 1982. Kerusakan Bahan Pangan dan Cara Pencegahannya. Ghalia Indonesia.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12