PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MELALUI DIGITAL BOOK PADA GURU-GURU SMK TEKNIK BANGUNAN

Authors

  • Fajar Danur Isnantyo
  • Sri Sumarni
  • Budi Siswanto

Abstract

Bahan ajar merupakan sarana yang wajib ada bagi guru maupun dosen sebagai salah satu referensi dan pedoman mengajar, sehingga semakin banyak sumber belajar atau referensi yang digunakan dalam proses belajar mengajar maka sangat mempengaruhi keberhasilan dan kualitas belajar. Dari hasil pengamatan banyak guru bahkan dosen belum menyusun bahan ajar sendiri, walaupun banyak materi atau bahan ajar yang dipunyai, tetapi belum terkemas menjadi buku ajar, hal itu dikarenakan karena manajemen yang kurang dan kurangnya pengetahuan dalam mengembangkan bahan ajar. Dengan perkembangan teknologi khususnya bidang pendidikan dalam rangka menyongsong pembelajaran Abad 21 dan Revolusi industri 4.0 maka penting sekali sebagai seorang pengajar untuk mengembangan materi ajar dalam bentuk buku dgital (e book). Dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat mengambil tema IbM Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar pada Guru-guru SMK Teknik Bangunan Melalui Digital Book. Adapun langkah kegiatan meliputi : Penjelasan penyusunan bahan ajar, Workshop penyusunan ebook, seta pemantauan hasil kegiatan. Hasil dari kegiatan para peserta guru SMKN 2 Sukoharjo dan SMKN 2 Surakarta mempunyai bahan ajar berupa ebook.
Kata-kata kunci: Bahan ajar, ebook, SMK

References

Galeri UKM. 2011. Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah, (Online), (http://galeriukm.web.id/news/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm, diakses 1 februari 2019)

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat

Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.

Sudaryanto dan Hanim,Anifatul. 2002. Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA) : Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol 1 No 2, Desember 2002

Undang undang No 20. 2008. Usaha Mikro Kecil Menengah

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12