PENGELOLAAN LAHAN SAWAH DI DESA DUKUH KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO MENUJU PERTANIAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Siswadi, Sartono Joko Santoso & Elly Istiana Maulida

Abstract

Pertanian berkelanjutan merupakan suatu program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan kelompok mitra tani yaitu kelompok tani ”Ngupoyo Subur” yang berkecimpung dalam pengelolaan lahan sawah di Desa Dukuh Kec. Mojolaban Kab. Sukoharjo, Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan pemahaman kepada petani tentang bagaimana mengelola lahan pertaniannya agar dapat berkelanjutan yang bisa dinikmati oleh anak cucu. Target luaran kegiatan yaitu adanya perubahan perilaku petani dalam mengelola lahannya tidak menggunakan input yang dapat merusak lingkungan tetapi petani menggunakan input yang ramah lingkungan yaitu sistem pertanian organik. Metode yang diterapkan meliputi penyuluhan, pelatihan pembuatan pupuk organik, pendampingan dan sekaligus praktek langsung / demplot. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa masyarakat desa dukuh yang mayoritas penduduknya petani, dengan sistem pertaniannya masih menggunakan input yang tidak ramah lingkungan yaitu mengunakan pupuk dan pestisida anorganik. Oleh karena itu dalam kegiatan ini dipaparkan sistem pertanian yang ramah lingkungan yang dikenal dengan pertanian organik. Sebagai langkah awal kegiatan para petani dibekali dengan penyuluhan dan pelatihan cara pembuatan pupuk organik yang baik dan benar . Kemudian pupuk organik yang dihasilkan digunakan untuk memupuk tanaman padinya melalui demplot. Disamping itu guna menunjang dan memotivasi mitra, maka dalam kegiatan ini diberikan bantuan alat pembuat pupuk organik sederhana (Komposter). Agar program kemitraan ini dapat keberkelanjutan maka dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.
Kata kunci : pertanian, organik, berkelanjutan.

References

Henny Mayrowani, 2012 Pengembangan Pertanian Organik Di Indonesia Forum Penelitian Agro Ekonomi, Volume 30 No. 2, Desember 2012 : 91–108. Reijntjes B. Haverkort, dan A. W. Bayer 1999. Pertanian Masa Depan. Pengantar untuk Pertanian Berkelanjutan dengan Input Luar Rendah. ILEIA. Kanisius. 270 p.

Sumedi P Nugraha., dan Fatma Nadia Amini, 2013. Pemanfaatan Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Volume : 2, No. : 3, Halaman 193-197.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12