PENINGKATAN USAHA TELUR ASIN DI UKM ZADDAM

Authors

  • Rr. Aulia Qonita
  • Nur Her Riyadi Parnanto & Erlyna Wida Riptanti

Abstract

Telur asin merupakan salah satu sumber protein hewani yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. UKM yang mengusahan telur asin di Kabupaten Sukoharjo adalah UKM Zaddam. Di dalam proses produksi, UKM Zaddam mengalami kendala antara lain : 1) umur simpan produk yang perlu diperpanjang, 2) kompor gas yang digunakan, memiliki nyala api yang tidak stabil, 3) UKM belum memiliki sistem pembukuan sederhana. Metode yang digunakan untuk menanggulangi permasalahan ini adalah 1) introduksi oven telur asin; 2) penambahan peralatan produksi berupa kompor kompor gas low pressure dan dudukan kompor; 3) pelatihan pembukuan sederhana. Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pengabdian, diharapkan dapat meningkatkan kelangsungan usaha telur asin, meningkatan kualitas dan kapasitas produksi, memperluas pemasaran telur asin sehingga dapat meningkatkan pendapatan UKM.
Kata-kata kunci: Kompor Gas, Oven, Telur asin

References

Irmansyah, J dan Kusnadi. 2009. Sifat Listrik

Telur Ayam Kampung Selama Penyimpanan. Media Peternakan. Vol 32 (1) : 22-30

Kementrian Pertanian RI dan kementrian Kesehatan RI. 2010. Telur Sumber Makanan Bergizi.

Buku Kecil

(Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya (Booklet) yang Berisi Tentang Tanya Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Jawab Seputar ”Telur Sumber Makanan Bergizi” Makanan Bergizi” Makanan Bergizi” Makanan Bergizi” Makanan Bergizi” Makanan Bergizi” Makanan Bergizi” Makanan Bergizi” .

Novia, D., S. Melia dan N.Z. Ayuza. 2011. Kajian Suhu Pengovenan Terhadap Kadar Protein dan Nilai Organoleptik Telur Asin. Jurnal Peternakan. Vol 8 (2): 70-76.

Novia, D., S. Melia, dan N.Z. Ayuza. 2012. Studi Suhu Pengovenan terhadap Umur Simpan Telur Asin. Jurnal Peternakan Indonesia. Vol 14(1) : 263 – 269.

Rukmiasih, N. Ulupi, dan W. Indriani. 2015. Sifat Fisik, Kimia dan Organoleptik Telur Asin Melalui Penggaraman dengan Tekanan dan Konsentrasi Garam yang Berbeda. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan. Vol. 03 (3) : 142-145

Yuniati, H. dan Almasyhuri. 2012. Pengaruh Perbedaan Media Dan Waktu Pengasinan Pada Pembuatan Telur Asin Terhadap Kandungan Iodium Telur. Pusat Biomedis Dan Teknologi Dasar Kesehatan. Media Litbang Kesehatan, Vol 22 (3) : 138-143.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12