PELATIHAN DESAIN KHAS DAERAH DAN MANAJEMEN PADA UKM BATIK DESA PILANG KABUPATEN SRAGEN

Authors

  • Asri Laksmi Riani, Edi Kurniadi, Mohammad Cholil, Moh Amien Gunadi, Atmaji, Puspa Devi Maharani,Agung Prabowo

Abstract

Program pengabdian ini dilakukan di dua UKM Batik di desa Pilang Kabupaten Sragen yaitu Batik Nurul Huda dan Batik Ontorejo. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk pengembangan produk UKM dalam peningkatan peluang pasar melalui kualitas produk dan desain khas daerah.
Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan pelatihan peningkatan pengetahuan dan praktik keterampilan serta desain khas daerah dan manajemen usaha pada karyawan di kedua UKM batik. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah: 1. Meningkatnya kualitas produk melalui peningkatan ketrampilan karyawan dalam memproduksi dengan desain khas daerah, 2. Adanya pembenahan manajemen usaha dari berbagai aspek meliputi manajemen pemasaran hingga manajemen produksi dan inovasi.
Kata kunci: ketrampilan SDM, desain khas, manajemen usaha.

References

BAPPEDA Kabupaten Sragen 2012

Hariyanto., Eko, Purnomo., Ratno,dan Bawono, Icuk. (2011). Desain Pelatihan, Dukungan Organisasional, Dukungan Supervisor dan Self-Efficacy Sebagai Faktor Penentu Keefektifan Transfer Pelatihan. Jurnal Siasat Bisnis. Vol 15 no 2, page 213-227.

Kumar, V., & Venkatesan, R. (2005). Who are the multichannel shoppers and how do they perform?: Correlates of multichannel shopping behavior. Journal of Interactive Marketing, 19(2), 44–62.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12