PENINGKATAN KUALITAS DAN KAPASITAS JAMUR CRISPY DI UKM MISTER R JAMUR CRISPY

Authors

  • Nur Her Riyadi Parnanto

Abstract

Jamur tiram adalah salah satu jenis tumbuhan yang kaya akan kandungan gizi. Jamur tiram dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan, salah satunya diolah menjadi keripik jamur. UKM yang ikut meramaikan usaha pengolahan jamur di Kabupaten Sukoharjo adalah UKM Mister R Jamur Crispy. Permasalahan yang dihadapi UKM ini adalah 1) Hasil penggorengan jamur masih memiliki kandungan minyak yang tinggi, 2) Kurangnya jumlah peralatan produksi; 3) Belum memiliki sistem pembukuan yang rapi. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi UKM ini antara lain : 1) Introduksi alat peniris minyak (spinner); 2) penambahan jumlah alat produksi antara lain : kompor gas low pressure dan kelengkapannya untuk menggoreng jamur crispy; container serba guna untuk tempat produk jadi; 3) pelatihan pembukuan sederhana. Dengan adanya kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi jamur crispy, yang pada akhirnya dapat peningkatan pedapatan.
Kata-kata kunci: Jamur Tiram, Kapasitas, Kualitas, Spinner

References

Gunadi, GNB. Putra, IGC. 2016. Peningkatan Kualitas Dan Kapasitas Produksi Usaha Kecil Olahan Jamur Tiram Di Kelurahan Sumerta Kelod Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati. Vol.05 No.01.

Muchtadi, D. 2010. Teknik Evaluasi Nilai Gizi Protein. Alfabeta. Bandung.

Nurcahyo, IF dan Susantiningrum. 2015. Peluang Usaha Budidaya Jamur Kuping. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis. No. 16. Th. IX.

Parinduri, I., Siregar H.F., dan Iskandar. 2017. Pengontrolan Suhu Kelembaban Kumbung Jamur Tiram Putih. Royal Asahan Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-12