PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK PENINGKATAN KINERJA SEKOLAH DI SEKITAR KAMPUS ITS SURABAYA

Authors

  • Rudi Walujo Prastianto
  • Yoyok Setyo Hadiwidodo
  • Murdjito Murdjito
  • Eko Budi Djatmiko
  • Dwi Purnomo H
  • Dwi Purnomo H, Zuhud Ubaidillah, Miftakh D.S

Abstract

Berkembangnya era Revolusi Industri 4.0 menghadirkan konsep baru seperti Smart City, Smart Campus, atau bahkan Smart Class. Pada hakekatnya sistem ini berupa pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses tata kelola operasionalnya yang bertujuan untuk mengurangi efek human error, memperbaiki pelayanan dan kinerja, serta pada akhirnya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses tersebut. Departemen Teknik Kelautan (DTK) FTK-ITS mengembangkan sebuah sistem monitoring perkuliahan berbasis web dalam upaya untuk mengimplementasikan penggunaan teknologi yang efektif dan efisien dengan tujuan mengurangi human error, penggunaan kertas (paperless), serta meningkatkan kinerja. Sistem monitoring proses pembelajaran ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Sistem monitoring online ini, selain dapat mempermudah juga sebagai solusi atas proses monitoring belajar mengajar di DTK yang masih konvensional yang kurang efektif dan efisien serta rentan terhadap ketidakakuratan akibat kesalahan manusia. Sistem ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kampus ITS yang bergerak di bidang pendidikan. Jumlah sekolah di sekitar kampus ITS Sukolilo Surabaya saat ini sebanyak 68 lembaga pendidikan dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK, yang potensial ditingkatkan kinerja sekolahnya dengan menghadirkan sebuah teknologi tepat guna yang bermanfaat dalam proses pembelajaran. Lembaga pendidikan yang dijadikan mitra dalam aktivitas pengabdian masyarakat saat ini adalah Lembaga Pendidikan AL Uswah Surabaya, meliputi tingkat SD, SMP, dan SMA. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diketahui bahwa penggunaan TIK terkait penggunaan sistem monitoring pembelajaran online pada sekolah di sekitar kampus ITS Sukolilo yang masih bersifat konvensional, adalah sangat sesuai dan cocok dengan harapan pihak sekolah dalam upaya peningkatan kinerja sekolahnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai salah satu usaha guna meningkatkan peran serta dan kebermanfaatan ITS dalam menghadirkan teknologi tepatguna bagi masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan kualitas proses pendidikannya.
Kata-kata kunci: monitoring pembelajaran online, masyarakat sekitar kampus, smart class, kinerja sekolah.

References

Adhi Rachdian & Andy Sikumbang. 2005. Mastering CMS dengan Mamboo/Joomla. Jakarta. Elex Media Komputindo

What is MySQL? https://dev.mysql.com/doc/refman/8.0/en/what-is-mysql.html, (online) diakses 5 September 2019

Anand, S., Kamal, Bijlani., Sheeja, S., Praphul, P., (2016), Attendance Monitoring in Classroom Using Smartphone & Wi-Fi Fingerprinting.

Firdaus., Afriyan Firdaus (2011), Rancang Bangun Sistem Monitoring Perkuliahaan Berbasis Web di Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

Irvan Cendickya Wira Artha, I.C.W. (2013), Beranda ITS “Eco Campus atau Forest Campus”, Surabaya.

Saatnya membuka wawasan smart city. https://www.its.ac.id/news/2018/04/19/saatnya-membuka-wawasan-smart-city/. (online)

Definisi smart campus. http://smartcampus.co.id/artikel/32-definisi-smart-campus. (online)

Sudahkah kampus anda menjadi smart camputs. https://sevima.com/sudahkah-kampus-anda-menjadi-smart-campus/. (online).

Online Students‘ Attendance Monitoring System in

Rajan Patel, Nimisha Patel, Mona Gajjar, (2012), Classroom Using Radio Frequency Identification Technology: A Proposed System Framework

https://jatim.tribunnews.com/2019/06/27/pemkot-surabaya-kenalkan-kompetisi-baru-surabaya-smart-city-buat-kampung-jadi-destinasi-wisata?page=2. (online).

Wenda Priyanto, dkk,.(2013), Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Berbasis Web Di Stmik Sinar Nusantara Surakarta

PlumX Metrics

Published

2019-10-12