UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN PENANGGUNG JAWAB SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI ANAK ASUH (SIANAS) YAYASAN ANAK-ANAK TERANG

Authors

  • Flourensia Sapty Rahayu & A. Bagas Pradipta Irianto

Abstract

Yayasan Anak-Anak Terang (AAT) merupakan sebuah Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan khususnya memberikan beasiswa untuk anak-anak tidak mampu. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengelolaan data,sertauntukmewujudkanprinsiptransparansidikembangkan sebuah Sistem Informasi berbasis komputer yang dinamakandengan Sistem Informasi Anak Asuh (SIANAS). Selama ini proses pemasukan data dilakukan sepenuhnya oleh relawan dari AAT. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya tenaga relawan untuk melakukan proses ini. Konsep pengabdian pada masyarakat ini disusun untuk memberikan tenaga tambahan untuk membantu memberikan pelatihan SIANAS di sekolah-sekolah kepada penanggung jawab sekolah. Tenaga trainer melibatkan mahasiswa Prodi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang dibagi ke dalam tim-tim. Dari rencana 37 sekolah yang akan dikunjungi hanya terealisasi 34 sekolah karena beberapa alasan. Program pengabdian dimulai dengan memberikan pelatihan kepada trainer oleh pihak AAT. Setelah itu tim-tim trainer diterjunkan ke sekolah-sekolah. Setelah dilakukan pelatihan semua penanggungjawab sekolah menyatakan telah memahami cara penggunaan SIANAS dan dapat menginputkan data-data anak asuh secara mandiri. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara berkomunikasi lewat media sosial. Tidak ada masalah signifikan yang ditemui dalam kegiatan pendampingan ini. Secara umum baik pihak AAT, sekolah, mahasiswa, dan Prodi Sistem Informasi UAJY sangat merasakan manfaat dari kegiatan ini.
Kata-kata kunci: peningkatan kemandirian penanggung jawab sekolah, SIANAS, Yayasan Anak-Anak Terang

Published

2018-12-12