STRATEGI BERSAING MELALUI MANAJEMEN MEREK DAN PERBAIKAN KEMASAN PRODUK WINGKO BABAT PADA UKM KELURAHAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Siti Almaidah

Abstract

Persaingan dalam pasar produk makanan mengalami peningkatan, hal ini menyebabkan pelaku usaha dituntut untuk menghasilkan makanan yang berkualitas dan didukung dengan sistem pemasaran yang memadai. Merek mempunyai peranan yang penting dalam pemasaran produk makanan, dan merupakan kekuatan untuk membedakan dari produk pesaing. Merek bagi produsen merupakan komponen penting untuk mengembangkan usaha, sedangkan bagi konsumen merupakan jaminan kualitas. Produk Wingko Babat merupakan salah satu makanan tradisional yang banyak diproduksi oleh industri rumah tangga di wilayah Kelurahan Babat Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Kemasan produknya masih sangat sederhana dan tidak mencantumkan label. Sehingga konsumen kurang dapat mengidentifikasi produk asli dan minim informasi mengenai produk makanan ini. Kondisi ini mengakibatkan target penjualan sulit dicapai. Pada sisi lain informasi mengenai karakteristik produk menentukan pilihan konsumen. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada UKM penghasil produk Wingko Babat di Kelurahan Babat Kabupaten Lamongan. Adapun tujuan kegiatan pengabdian ini adalah: (1) meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan praktis yang diperlukan untuk menjalankan dan mengembangkan usaha, (2) meningkatkan pengetahuan mengenai strategi pemasaran, dan (3) pemasaran untuk produk wingko yang dihasilkan dapat diperluas, sehingga omset penjualan meningkat. Metode pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian adalah pendekatan partisipatif dan pelatihan bagi UKM. Keberhasilan kegiatan ini diindikasikan dengan tercapainya tujuan yang ditetapkan.
Kata-kata kunci: UKM, merek, perbaikan kemasan, omset penjualan

Published

2018-12-12