PKM MENYIAPKAN GENERASI PENERUS PEDULI PERTANIAN DI LINGKUNGAN SD MAGUWOHARJO-SLEMAN-DIY

Authors

  • Wiwin Dyah Ully Parwati & Ismiasih

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyiapan generasi penerus peduli pertanian ini bertujuan untuk : (1) mengubah pola pikir (mind set) pada siswa sekolah dasar (SD) sebagai generasi penerus peduli pada bidang pertanian, (2) meningkatkan kemampuan penguasaaan budidaya tanaman pertanian modern hemat energi dan bersih denganteknologi Vertikultur dan Hidroponik pada Siswa SD, (3) memanfatkan lahan secara produktif dengan budidaya berbagai tanaman sayuran dan tanaman obat-obatan, (4) mengenalkan jiwa kewirausahaan dini pada siswa SD, (5) meningkatnya kemampuan usaha pada pihak mitra.
Pengabdian masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Agar proses pelatihan dapat terlaksana dengan baik dan mudah dipahami oleh mitra, maka dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu ceramah, diskusi/tanya jawab, dan praktik langsung serta pendampingan. Pengabdian masyarakat dilaksanakan bersama dengan kelompok mitra yaitu SD Negeri Mustokorejo dan SD Negeri Tajem, di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman, DIY.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah menghasilkan perubahan pada mind set siswa SD yaitu sikap peduli pada bidang pertanian. Selain itu, dari kegiatan pelatihan yang dilaksanakan, mitra memiliki kemampuan khususnya dalam membuat media tanam pada sistem vertikultur dan polybag, dapat menanam berbagai tanaman sayuran pada sistem vertikultur, hidroponik dan polybag, dapat membudidayakan berbagai jenis tanaman sayuran pada sistem vertikultur, hidroponik dan polybag dan penanganan pasca panen/pengemasan produk dan berlatih kewirausahaan sehingga dari kegiatan diharapkan dapat bermanfaat dalam mendukung usaha penigkatan income generating bagi pihak sekolah.
Kata kunci : generasi penerus, peduli pertanian, SD Sleman- DIY

PlumX Metrics

Published

2018-12-11