https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/issue/feed Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 2024-01-09T11:34:30+07:00 Sihabuddin, S.I.Kom., M.I.Kom sihabuddin@unisri.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Solidaritas merupakan jurnal lintas program studi antara lain Program Studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Hubungan Internasional yang dikelola oleh Tim Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang terbit secara berkala pada bulan Maret dan Oktober.</p> https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9296 Implementasi Surat Edaran Camat No. Lh.15.01/629.1 Tahun 2021 Tentang Program Paksa Pilah Sampah Dari Rumah Di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta 2023-07-06T10:05:54+07:00 Rois Al Afif Al Hafidz zidankonco87@gmail.com Winarti Winarti roisalafif18@gmail.com Damayanti Suhita roisalafif18@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Collaborative Governance </span><span class="fontstyle2">Sampah menjadi persoalan yang sering dihadapi oleh seluruh daerah, karena sifatnya yang sulit diurai dan mudah merusak lingkungan sehingga Kecamatan banjarsari membuat inovasi program yang tertuang dalam Surat Edaran Camat No. Lh.15.01/629.1 Tahun 2021 Tentang Program Paksa Pilah Sampah dari Rumah (Papi Sarimah) dan untuk menghasilkan program yang baik, maka sangat penting untuk diimplementasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis Implementasi Surat Edaran Camat No. Lh.15.01/629.1 Tahun 2021 Tentang Program Paksa Pilah Sampah dari Rumah (Papi Sarimah) di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Berdasarkan judul yang disajikan diatas maka dapat dilihat Bagaimana Implementasi Surat Edaran Camat No. Lh.15.01/629.1 Tentang Program Paksa Pilah Sampah Dari Rumah (Papi Sarimah) dalam mengelola sampah di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan Indikator Implementasi dari Van Meter Dan Van Horn (1975: 463) yaitu Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumber daya, Komunikasi Antarorganisasi dan Aktivitas Pelaksana, Karakteristik Agen Pelaksana, Sikap/Kecenderungan (Disposition) para pelaksana, Lingkungan Ekonomi, Sosial, Dan Politik. Selain itu. Penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan analisis data kualitatif dengan menggunakan model miles, Huberman, dan saldana yaitu dengan cara (1) Pengumpulan Data, (2) Kondensasi Data, (3) Penyajian Data, dan (4) Penarikan Kesimpulan dan mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti yaitu dapat disimpulkan bahwa Implementasi yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Banjarsari dalam melaksanakan program Papi Sarimah terlaksana dengan baik, hal ini ditandakan dengan keberhasilannya pelaksanaannya program Papi Sarimah di sebagian wilayah Kecamatan Banjarsari. Antar petugas pelaksana dalam menjalankan tugasnya sudah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Adapun rekomendasi dari peneliti antara lain Aparatur Pemerintah Kecamatan Banjarsari dalam program Papi Sarimah dapat meningkatkan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat dan memberikan waktu atau pertemuan khusus untuk masyarakat sehingga dapat meminimalisir ketidak tahuan</span></p> <p><span class="fontstyle2">dalam pelaksanaan program Papi Sarimah. Selain itu Pemerintah Kecamatan Banjarsari hendaknya mengupayakan menyediakan tempat khusus untuk pemilahan sampah yang tersedia di setiap Kelurahan</span></p> <p><span class="fontstyle0">Kata Kunci: Implementasi, Program, Papi Sarimah.</span> <br /><br /></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9325 Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Pengelolaan Aset Terhadap Peningkatan Kompetensi Pegawai Di Pemerintah Kota Surakarta 2023-07-08T19:52:28+07:00 Lola Febi Roesmilia lola3febi@gmail.com Aris Tri Haryanto aristhyt@yahoo.com Damayanti Suhita diekatik@gmail.com <p>Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan dan<br />pelatihan teknis pengelolaan aset terhadap peningkatan kompetensi pegawai di Pemerintah<br />Kota Surakarta Tahun 2022. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif<br />dengan jenis penelitian asosiatif hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah<br />pegawai negeri sipil di organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta<br />yang mengikuti pelatihan teknis pengelolaan aset Tahun 2022. Teknik dalam pengambilan<br />sampel menggunakan teknik sampel total dengan sampel sebanyak 36 responden. Metode<br />yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini ,yaitu metode kuisioner. Teknik<br />analisis data yang digunakan adalah pengujian secara statistik dengan uji validitas, uji<br />reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien<br />determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa<br />pendidikan berpengaruh sangat kuat terhadap peningkatan kompetensi pegawai di<br />Pemerintah Kota Surakarta Tahun 2022,sedangkan pelatihan berpengaruh rendah terhadap<br />peningkatan kompetensi pegawai di Pemerintah Kota Surakarta Tahun 2022. Pendidikan dan<br />pelatihan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi<br />pegawai di Pemerintah Kota Surakarta Tahun 2022 dengan nilai Fhitung sebesar 25,170.<br />Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,604 artinya menunjukkan 60,4% variabel<br />peningkatan kompetensi pegawai dapat dijelaskan oleh variabel pendidikan dan pelatihan<br />teknis pengelolaan asetsedangkan sisanya sebesar 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang<br />tidak masuk dalam penelitian ini.<br />Kata Kunci : Pendidikan, Pelatihan Pengelolaan Aset, Kompetensi</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9361 Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Penelitian Dan Pengemabngan daerah (BALITBAGDA) Kota Surakarta Tahun 2022 2023-07-12T17:36:29+07:00 Yusna Ayu Kusumawati yusnayuu2017@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Damayanti Suhita diekatik@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meganalisis pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Penelitian dan Pegembangan Daerah (Balitbagda) Kota Surakarta Tahun 2022. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, (2) Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, (3) Motivasi kerja dan disiplin kerja secara bersama-sana berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Balitbagda Surakarta. Sampel yang terkumpul dalam penelitian ini yaitu sebanyak 28 responden. Data yang digunakan adalah data primer dimana data diperoleh dari jawaban responden melalui kuesioner yang telah diberikan. SPSS 21 digunakan dalam penelitian sebagai alat bantu analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian secara statistik dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Motivasi berpengaruh sangat kuat terhadap Kinerja Pegawai, sedangkan Disilin Kerja berpengaruh sedang terhadap Kinerja Pegawai. Motivasi dan Disilin Kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,492 artinya menunjukkan 49,2% variabel Kinerja Pegawai dapat dijelaskan oleh variabel Motivasi dan Disiplin Kerja sedangkan sisanya sebesar 50,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Saran yang diberikan adalah perusahaan harus selalu menerima setiap kritik atau saran dari para karyawan sehingga karyawan sendiri akan mejadi semakin loyal terhadap perusahaan. Selain itu sebelum membuat peraturan lebih baik perusahaan juga berdiskusi dengan para karyawan supaya transparansi mengenai aturan dapat merata ke setiap pegawai tanpa memandang jabatan.</span></p> <p><span class="fontstyle0">Kata Kunci : Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai</span> <br /><br /></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9432 Efektivitas Posyandu dalam Pencegahan Stunting di Desa Ngreco Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo 2023-07-29T11:43:11+07:00 Luffi Oktaviani luffioktaviani25@gmail.com Joko Suranto jokosuranto052@gmail.com Damayanti Suhita diekatik@gmail.com <p>Stunting merupakan salah satu permasalahan penting dalam masyarakat yang<br />sudah menjadi tanggung jawab bersama, untuk menekan permasalahan tersebut maka<br />efektifitas posyandu diperlukan di tingkat desa. Seperti efektivitas yang dilakukan oleh<br />Posyandu dalam pencegahan stunting di Desa Ngreco, Kecamatan Weru, Kabupaten<br />Sukoharjo.<br />Efektivitas yang baik menurut Budiani (2007 : 53) terdiri dari (1) ketetapan<br />sasaran program (2) sosialisasi program (3) pencapaian tujuan program (4)<br />pemantauan program.<br />Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas<br />Posyandu dalam pencegahan stunting di Desa Ngreco, Kecamatan Weru, Kabupaten<br />Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik<br />pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.<br />Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data,<br />penyajian data, dan penarikan kesimpulan.<br />Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas yang dilakukan posyandu<br />dalam pencegahan stunting sudah efektif. Hal ini dilihat dari keempat indikator<br />ketetapan sasaran program, sosialisasi program, pencapaian tujuan program, dan<br />pemantauan program. Namun masih ada kendala yang berupa rendahnya partisipasi<br />dan kesadaran masyarakat mengikuti Posyandu dalam pencegahan stunting.<br />Sesuai dengan pemaparan diatas peneliti memberikan rekomendasi kepada<br />Posyandu Desa Ngreco untuk berupaya lebih keras untuk meningkatkan motivasi dan<br />partisipasi masyarakat dalam penyuluhan.<br />Kata kunci : Efektivitas, Posyandu, Stunting</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9487 PengelolaanAdministrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Klaten 2023-08-10T16:04:16+07:00 Anggi Nuria Siva angginuriachiva@gmail.com Aris Tri Haryanto aristh68@gmail.com Joko Suranto joko.suranto@unisri.ac.id <p>Pengelolaan sumber daya manusia sebagai sarana untuk memaksimalkan<br />efektifitas kinerja untuk mencapai hasil kerja yang berkualitas dalam rangka<br />mewujudkan administrasi yang baik. Pengelolaan administrasi kepegawaian<br />sangatlah penting agar semua pelaksanaan kegiatan dapat berjalan optimal dan<br />mencapai tujuan yang telah ditentukan.<br />Teori yang digunakan dalam penelitian pengelolaan administrasi<br />kepegawaian ini berdasarkan fungsi pengelolaan atau manajemen menurut<br />George R. Terry (Sukarna, 2011:10) yang terdiri dari 4 indikator, yaitu<br />Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan<br />(Actuating), dan Pengawasan (Controlling). Tujuan dari penelitian ini untuk<br />mendeskripsikan pengelolaan administrasi kepegawaian di Badan Kepegawaian<br />dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Klaten.<br />Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.<br />Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.<br />Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teori dari Miles,<br />Huberman dan Saldana (2014) yakni teknis analisis data interaktif.<br />Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan administrasi<br />kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia<br />Kabupaten Klaten sudah baik, dengan indikator Planning (Perencanaan) terkait<br />dengan penentuan dan penetapan tujuan, pengadaaan pegawai, penyediaan<br />sarana dan prasarana serta penetapan standar keberhasilan sudah baik,<br />Organizing (Pengorganisasian) dalam penempatan pegawai pada bidang<br />keahliannya, perumusan dan penetapan tugas dan pembagian tugas yang jelas<br />sudah , pegawai dalam Actuating (Penggerakan) belum familiar dengan aplikasi<br />kepegawaian, Controlling (Pengawasan) dilakukan oleh kabid masing-masing<br />bidang. Walaupun pengelolaan administrasi kepegawaian sudah dapat<br />dikatakan baik, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan lagi mengenai<br />pegawai yang belum familiar dengan penggunaan aplikasi kepegawaian serta<br />segera dibuat satu aplikasi kepegawaian banyak menu untuk memudahkan<br />pegawai dan untuk kedepannya dapat meningkatkan pengelolaan administrasi<br />kepegawaian yang lebih baik lagi.<br />Kata kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengawasan</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9492 Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Penelitian Dan Pengemabngan daerah (BALITBAGDA) Kota Surakarta Tahun 2022 2023-08-11T14:50:25+07:00 Vina Candra Yunika vinacandray@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Joko Suranto joko.suramto@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meganalisis pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Penelitian dan Pegembangan Daerah (Balitbagda) Kota Surakarta Tahun 2022. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, (2) Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, (3) Motivasi kerja dan disiplin kerja secara bersama-sana berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Balitbagda Surakarta. Sampel yang terkumpul dalam penelitian ini yaitu sebanyak 28 responden. Data yang digunakan adalah data primer dimana data diperoleh dari jawaban responden melalui kuesioner yang telah diberikan. SPSS 21 digunakan dalam penelitian sebagai alat bantu analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian secara statistik dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Motivasi berpengaruh sangat kuat terhadap Kinerja Pegawai, sedangkan Disilin Kerja berpengaruh sedang terhadap Kinerja Pegawai. Motivasi dan Disilin Kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,492 artinya menunjukkan 49,2% variabel Kinerja Pegawai dapat dijelaskan oleh variabel Motivasi dan Disiplin Kerja sedangkan sisanya sebesar 50,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Saran yang diberikan adalah perusahaan harus selalu menerima setiap kritik atau saran dari para karyawan sehingga karyawan sendiri akan mejadi semakin loyal terhadap perusahaan. Selain itu sebelum membuat peraturan lebih baik perusahaan juga berdiskusi dengan para karyawan supaya transparansi mengenai aturan dapat merata ke setiap pegawai tanpa memandang jabatan.</span></p> <p><span class="fontstyle0">Kata Kunci : Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai</span> <br /><br /></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9655 PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PASCA PANDEMI 2023-08-24T09:26:17+07:00 Andhika Dian Pamardi andhikapamardi@gmail.com Nurnawati Hindra Hastuti andhikapamardi@gmail.com Muadz Muadz andhikapamardi@gmail.com <p>Perpindahan antara pandemi ke pasca pandemi kembali menuntut para siswa<br />untuk dapat beradaptasi kembali akan proses pembelajaran. Seperti yang dirasakan<br />oleh para siswa dan guru di SMA Kristen 1 Surakarta mereka menyambutnya dengan<br />baik, akan tetapi ada sebagian dari siswa yang kesulitan dalam proses adaptasi<br />sehingga berdampak pada menurunya prestasi akademik. Hal ini disebabkan karena<br />para siswa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan dan banyak dari<br />mereka yang kehilangan motivasi dalam belajar. Peran guru dan karyawan disini<br />sangatlah penting untuk meningkatkan nilai prestasi akademik para siswa, terutama<br />adalah guru BK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana<br />komunikasi intrapersonal guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar 5 siswa<br />kelas XI yang mendapatkan bimbingan konseling pada tengah semester 1 di SMA<br />Kristen 1 Surakarta pasca pandemi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini<br />adalah keefektifan komunikasi interpersonal menurut Devito (keterbukaan, rasa<br />positif, empati, dukungan, kesetaraan). Dengan menggunakan pendekatan metode<br />deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan informan menggunakan metode purposive<br />sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode triangulasi (observasi,<br />wawancara, dokumentasi). Berdasarkan hasil penelitian, peranan komunikasi<br />interpersonal guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar 5 siswa pada kelas XI<br />berjalan dengan baik sesuai dengan teori keefektifan komunikasi interpersonal<br />menurut Devito. Hal ini dapat dilihat dari perubahan dan peningkatan motivasi<br />belajar siswa. Dilihat dari keterbukaan, siswa mampu terbuka akan permasalahanya<br />kepada guru BK. Rasa positif, siswa percaya bahwa guru BK mampu menjaga<br />kerahasiaannya. Empati, siswa merasa tidak sendiri dalam menghadapi masalahnnya<br />karena perhatian dari guru BK. Dukungan, siswa merasa terbantu setelah<br />berkonsultasi dengan guru BK dan dapat kembali menemukan motivasi belajarnya.<br />Kesetaraan, siswa merasa tidak sungkan ketika menceritakan permasalahannya<br />karena guru BK mampu memposisikan diri dengan baik sebagai teman atau sahabat.<br />Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Konseling, Teori Keefektifan<br />menurut Devito.</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9752 Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat 2023-08-28T23:05:02+07:00 Andina Fika Safitri andinafikasa@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Sri Riris Sugiyarti riris68@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Pengelolaan BUMDES Sejahtera di Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi<br />Kabupaten Grobogan berdiri tidak hanya sebatas sebagai badan usaha desa saja, namun<br />juga memiliki visi yang mulai salah satunya berupa membantu meningkatkan<br />kesejahteraan ekonomi masyarakat desa nambuhan.Tujuan dari penelitian ini adalah<br />untuk mendeskripsikan menganalisis pengelolaan BUMDES SEJAHTERA di desa<br />Nambuhan terhadap konribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat<br />Penelitian ini dianalisis menggunakan teori pengelolaan yang dikembangkan oleh Totok<br />Goerge Terry (dalam sukarna 2011:10) yang merujuk pada indikator pengelolaan<br />BUMDES yaitu meliputi Perencanaan (</span><span class="fontstyle2">Planing</span><span class="fontstyle0">), Pengorganisasian (</span><span class="fontstyle2">Organizing</span><span class="fontstyle0">),<br />Pelaksanaan Pengarahan (</span><span class="fontstyle2">Actuating</span><span class="fontstyle0">) dan Pengawasan (</span><span class="fontstyle2">Controling</span><span class="fontstyle0">) Jenis penelitian<br />dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Pemilihan lokasi penelitian dipilih<br />secara </span><span class="fontstyle2">purposive</span><span class="fontstyle0">. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan teknik<br />penentuan informan dilakukan dengan </span><span class="fontstyle2">purposive sampling</span><span class="fontstyle0">. Validitas data pada<br />penelitian ini menggunakan triangulasi data, sedangkan teknik analisis data<br />menggunakan analisis data interaktif.<br />Hasil dari penelitian Hasil penelitian menunjukan Keberhasilan suatu pengelolaan<br />Bumdes Sejahtera Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan bisa<br />diukur dengan teori George R. Terry dengan 4 indikator , yakni berupa perencanaan<br />(planing),pengorganisasian (organizing), penggerakan pengarahan (actuating),<br />pengawasan (controling). Adapun kontribusi nyata bumdes sejahtera ke masyarakat<br />melalui lumbung padi sri sadono adalah terciptanya sistem lapangan pekerjaan di<br />lumbung padi sari sadono, dan dapat menampung hasil panen petani nambuhan.<br />Kata Kunci : Pengelolaan Bumdes dan Kesejahteraan Masyaraka</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9774 PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP CITRA KEDAI KOPI 2023-08-30T12:30:04+07:00 Rio Murtopo Wahyu Aji murtoporio@gmail.com Nurnawati Hindra Hastuti murtoporio@gmail.com Andri Astuti Itasari murtoporio@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklan dan promosi<br />penjualan terhadap citra kedai kopi. Jenis penelitian ini adalah penelitian<br />kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen Kedai Kopi Sharing<br />Karangnayar. Teknik pengambilan sampel menggunakan </span><span class="fontstyle2">accidental sampling<br /></span><span class="fontstyle0">dengan sampel 100 konsumen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.<br />Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian<br />menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap citra kedai kopi<br />Sharing di Karanganyar, sehingga semakin baik iklan maka citra kedai kopi juga<br />semakin meningkat. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap citra<br />kedai kopi Sharing di Karanganyar, sehingga semakin baik promosi penjualan<br />maka citra kedai kopi juga semakin meningkat. Iklan dan promosi penjualan<br />berpengaruh signifikan terhadap citra kedai kop Sharing di Karanganyar secara<br />bersama-sama.<br />Kata kunci : iklan, promosi penjualan, citra</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9290 IMPLEMENTASI PROGRAM ALOKASI DANA DESA DI DESA KARANGPANDAN KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGNYAR 2023-07-05T14:51:13+07:00 Pramesti Larasati pramestilarasati01@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ririss68@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis<br />implementasi program alokasi dana desa di desa Karangpandan kecamatan<br />Karangpandan kabupaten Karanganyar. Agar alokasi dana desa di desa<br />Karangpandan dapat terlaksana dengan baik. Sumber daya manusianya dibutuhkan<br />orang-orang yang berkualitas dalam bidang administrasi, manajemen dan IT untuk<br />menjalankan fungsi pemerintahan. Implementasi kebijakan menurut George C.<br />Edwards III (dalam isra 2020:17) implementasi merupakan segala tindakan-tindakan<br />yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan dalam<br />suatu keputusan kebijakan.<br />Berdasarkan hal tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif<br />dimana menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan<br />dokumentasi. Menggunakan dua jenis data yakni data primer dan sekunder, teknik<br />penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian teknk<br />analisis data menggunakan Model Miles and Huberman (2014) yaitu pengumpulan<br />data, penyajian data, kondensasi, penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas<br />data mengunakan triangulasi yaitu triangulasi waktu, sumber dan teknik. Hasil<br />penelitian melalui analisis implementasi dengan empat variable yaitu 1) komuniksi,<br />2) sumber daya, 3) disposisi, 4) struktur birokrasi menjelaskan bahwa implementasi<br />program alokasi dana desa di desa Karangpandan kecamatan Karangpandan<br />kabupaten Karanganyar sudah berjalan dengan baik namun perlu dioptimalkan.<br />Implementasi program alokasi dana desa di desa karangpandan sudah baik<br />namun perlu dioptimalkan. Sesuai dengan variabel komunikasi terkait dengan<br />kejelasan informasi dan sumber daya terkait dengan kuantitas sumber daya manusia<br />perlu ditingkatkan untuk tercapainya tujuan implementasi yang baik. Sehingga perlu<br />dioptimalkan dengan cara peningkatan intensitas sosialisasi, motivasi, dan koordinasi<br />antara pemerintah desa dengan lembaga terkait dan masyarakat.<br />Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Alokasi Dana Desa</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9360 Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta 2023-07-12T17:49:29+07:00 Dafitri Rahma Deviani dafira727@gmail.com Winarti Winarti winartitik59@gmail.com Joko Suranto joko.suranto@unisri.ac.id <p style="text-align: justify;">Layanan website E-Litbang adalah website layanan publik yang ada di kantor Badan<br />Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta yang memberikan layanan berupa izin<br />penelitian, izin KKN, izin survey, izin permohonan data, izin wawancara dan izin pengabdian<br />masyarakat untuk wilayah kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis<br />dan mendeskripsikan kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan Penelitian dan<br />Pengembangan Daerah Kota Surakarta.Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan<br />teori kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml yang dikutip oleh Hardiansyah (2018:73)<br />yang terdapat 5 indikator yakni tangibel (berwujud), reliability (kehandalan), responsiviness<br />(ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati)<br />Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.<br />Sumber data yang digunakan berupa informan atau narasumber, tempat atau lokasi, rekaman,<br />dokumen, dan dokumentasi gambar. Dan jenis data yang digunakan ada dua yakni data primer<br />dan data sekunder. Lalu untuk teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive<br />sampling. Kemudian teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan<br />dokumentasi. Untuk validitas data penelitian menggunakan triangulasi yaitu triangulasi<br />sumber, teknik dan waktu. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teori Miles dan<br />Huberman (2014:14), secara teknik terdiri dari 4 (empat) hal utama, yaitu pengumpulan data,<br />kondensasi data atau penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau<br />verifikasi.<br />Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan<br />Penelitian dan Pengembangan Daerah kota Surakarta dapat disimpulkan bahwa secara umum<br />kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah kota<br />Surakarta dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dan diukur menggunakan 5 dimensi yakni<br />tangible terkait sarana dan prasarana serta fasilitas yang disediakan kantor Balitbangda,<br />reliability terkait kehandalan pegawai dalam melayani pemohon, responsiviness terkait respon<br />pegawai Balitbangda saat melayani pemohon, assurance terkait dengan jaminan-jaminan yang<br />diberikan saat proses pelayanan dan empathy terkait rasa empati pegawai terhadap pemohon.<br />Secara umum dimensi menyatakan bahwa pelayanan website E-Litbang sudah baik. Namun<br />ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar pelayanan public di kantor Balitbangda kota<br />Surakarta lebih baik. Terkait dengan fasilitas toilet wanita yang kurang layak dan jaminanjaminan pelayanan yang tidak dicantumkan dalam website E-Litbang serta harus<br />dipertimbangkan sesuai dengan ketentuan SOP(Standar Operasional Prosedur) dan standar<br />pelayanan yang berlaku di kantor Balitbangda kota Surakarta.<br />Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, E-Litbang.</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9435 Implementasi Permendagri No 114 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal Penanggulangan Bencana Kebakaran Pada Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukoharjo 2023-07-29T19:39:33+07:00 Vika Rianggi Putri vikarianggi08@gmail.com Wirid Winduro wiridwinduro@gmail.com Damayanti Suhita diekatik@gmail.com <p>Implementasi kebijakan merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan<br />pemerintahan. jika kebijakan yang telah dibuat tidak diimplementasikan dengan baik<br />maka tidak akan berdampak apapun pada sasaran. Bencana kebakaran menurut<br />International Labour Organizasition (ILO, 1991), kebakaran merupakan suatu kejadian<br />yang tidak diinginkan dan kadangkala tidak dapat dikendalikan , sebagai hasil<br />pembakaran suatu bahan dalam udara dan mengeluarkan energi panas dan nyala<br />api.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi PermendagriNo 114 Tahun<br />2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal Penanggulangan Bencana Kebakaran Pada<br />Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan empat<br />indikator teori dari George Edwards III yang terdiri dari : (1) Komunikasi, (2) Sumber<br />Daya, (3) Sikap Pelaksana/Disposisi, (4) Struktur Birokrasi. Metode yang digunakan<br />adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Unit analisis<br />adalah individu dan pengumpulan data dilakukan wawancara, observasi, dan<br />dokumentasi untuk memberikan informasi tentang hasil Implementasi Permendagri No<br />114 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal Penanggulangan Bencana<br />Kebakaran Pada Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hasil<br />penelitian tersebut secara umum implementasi yang diterapkan sudah baik akan tetapi<br />belum optimal, ditunjukan dengan hasil sebagai berikut : (1) Implementasi dalam hal<br />komunikasi yang dilakukan pemadam kebakaran sukoharjo sudah baik namun belum<br />optimal dilihat dari sosialisasi tidak diadakan secara spesifik, (2) Implementasi dalam<br />hal sumberdaya sudah baik namun belum optimal dilihar dari pos pemadam kebakaran<br />belum tercukupi, (3) implementasi dalam hal sikap pelaksana sudah dilakukan dengan<br />baik dilihat dari semua anggota memiliki semangat dan komitmen bekerja dengan<br />sebaik-baiknya, (4) implementasi dalam hal struktur birokrasi sudah berjalan dengan<br />baik dilihat dari anggota pemadam kebakaran melakukan kegiatan sesuai SOP dan<br />penyebaran tanggungjawab sesuai dengan jadwal kerja shift.<br />Kata kunci: Implementasi, Permendagri, Komunikasi, Sumberdaya, Sikap Pelaksana, Struktur<br />Birokrasi, Pemadam Kebakaran</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9488 Efektivitas Penerapan Sistem Presensi Finger Print Dalam Disiplin Kerja Pegawai di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Klaten 2023-08-10T16:04:13+07:00 Anas Sekar Riyanti anassekarriyanti@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ririss68@gmail.com <p>Dalam penerapan teknologi ini diharapkan dapat memudahkan pada<br />pengelolan data yang secara sistematis dan akuntabel untuk sistem disiplin<br />pegawai. Presensi finger print yang merupakan langkah strategis pemerintah<br />terhadap peningkatkan pengawasan pegawai negeri sipil (PNS). Adapun untuk<br />tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang bagaimana<br />efektivitas penerapan sistem presensi dalam disiplin kerja pegawai di (BKPSDM)<br />Kabupaten Klaten.<br />Dan untuk mengetahui bagaimana keefektivitasan presensi finger print<br />peneliti menggunkan teori yang dikembangkan oleh Tangkilisan Hassel N.S 2005<br />(dalam buku manajemen public Jakarta pt grasindo) 2005:141 adalah pencapaian<br />target, kemampuan beradaptasi, kepuasan kerja, dan tanggung jawab. Penelitian<br />ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kualitatif, dimana teknik<br />pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.<br />Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Penerapan Sistem<br />Presensi finger print dalam disiplin kerja pada pegawai bisa dikatakan sudah<br />baik, dapat dilihat dengan indikator pencapaian target terealisasikan dengan<br />baik dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai, kemampuan beradaptasi awal<br />penerapan mengalami kendala namun setelah dilakukan sosialisasi pegawai<br />menjadi paham, kepuasan kerja pegawai meningkat dengan penerapan presensi<br />pegawai mendapatkan TPP, dan pegawai memiliki sifat tanggung jawab<br />terhadap kedisiplinan maupun pelaporan kinerja. Dapat ditarik kesimpilan<br />bahwa Efektivitas Penerapan Sistem Presensi Finger Print dalam kedisiplinan<br />kerja pegawai di badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia<br />Kabupaten Klaten sudah dapat dikatakan baik dan efektif.<br />Kata kunci: Efektivitas, Presensi Finger Print, Disiplin.</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9531 Hubungan Bilateral Indonesia – Arab Saudi Pasca Hukuman Mati Terhadap Pmi Tuti Tursilawati 2023-08-16T06:49:22+07:00 Risma Balkis Pramastuti rismabalkis614@gmail.com Christy Damayanti rismabalkis614@gmail.com Untari Narulita Madyar Dewi rismabalkis614@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Arab Saudi merupakan negara tujuan utama di Timur Tengah bagi PMI.<br />Banyaknya PMI di Arab Saudi menambah banyak pula permasalahan yang<br />muncul. Pada tahun 2018 terjadi kasus eksekusi hukuman mati terhadap PMI<br />Tuti Tursilawati yang dilakukan tanpa adanya informasi bagi pemerintah<br />Indonesia. Penelitian ini betujuan untuk melihat hubungan bilateral Indonesia –<br />Arab Saudi pasca hukuman mati terhadap PMI Tuti Tursilawati. Analisis teori<br />yang digunakan adalah teori diplomasi bilateral dan hubungan bilateral. Jenis<br />penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan sumber data primer yang<br />didapat dari dokumen yang diterbitkan dan sumber data sekunder yang<br />didapat dari internet juga penelitian terdahulu. Obyek dari penelitian ini<br />adalah hubungan bilateral Indoensia dan Arab Saudi pasca hukuman mati<br />terhadap PMI Tuti Tursilawati. Teknik pengumpulan data pada penelitian<br />library research dengan tiga tagah analisis data yaitu reduksi data, penyajian<br />data, dan verifikasi data. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil<br />hukuman mati terhadap Tuti Tursilawati memberikan pengaruh terhadap<br />aspek politik, pada aspek ekonomi, tidak terdapat pengaru yang signifikan<br />terkait adanya hukuman mati terhadap Tuti Tursilawati. Indonesia dan Arab<br />Saudi berupaya untuk memperbaiki hubungan diplomasi setelah kasus<br />tersebut.<br /></span><span class="fontstyle2">Kata kunci</span><span class="fontstyle0">: Arab Saudi, diplomasi bilateral, hubungan bilateral, Indonesia,<br />PMI</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9553 PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI BADAN KEPEHAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA KOTA SURAKARTA 2023-08-18T10:49:24+07:00 Datik Dwi Jayanti datikdwij@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Wirid Winduro wiridwinduro@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Pelayanan merupakan kunci penentu yang memiliki kaitan erat terhadap proses pemberian kepuasan kepada pelanggan. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta merupakan organisasi publik yang menunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah pada bidang kepegawaian, dan pengembangan sumberdaya manusia maka diperlukan penilaian kinerja sebagai upaya perbaikan guna meningkatkan pelayanan dalam jangka kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Budaya Organisasi dan Motivasi pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif. Analisis data diproses dengan SPSS Statistics 28 untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dari penenlitian ini adalah seluruh pegawai dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling non probability atau sampel jenuh, sehingga diperoleh 40 orang sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 yakni, metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda.</span></p> <p><span class="fontstyle0">Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta dan Motivasi Pegawai juga memiliki</span></p> <p><span class="fontstyle0">pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan di Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta.</span></p> <p><span class="fontstyle0">Kata kunci : Budaya Organisasi, Motivasi pegawai, Kualitas Pelayanan.</span> <br /><br /></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9599 EFEKTIVITAS PROGRAM SAMSAT KELILING PADA KANTOR DESA WONOREJO KECAMATAN GONDANGREJO KABUBATEN KARANGANYAR 2023-08-22T00:17:42+07:00 Anggit Pambudi anggitpambudi744@gmail.com Damayanti Suhita anggitpambudi744@gmail.com Wirid Winduro anggitpambudi744@gmail.com <p>Adanya permasalahan dalam membayar pajak dimasyarakat diantarnya ialah masih<br />rendahnya kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. Selain itu masih kurangnya fasilitas<br />yang kurang memadai seperti misalnya ruang tunggu yang kurang nyaman dan terbatas tempat<br />duduk, masih kurang luasnya lahan parkir yang tersedia sehingga banyak masyarakat yang<br />enggan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor desa Wonorejo.<br />Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan<br />Efektivitas program SAMSAT keliling pada unit pelayanan di kantor desa Wonorejo kecamatan<br />Gondangrejo kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan menggunakan teori pengukuran<br />efektivitas sebagaimana yang dikemukakan oleh Budiani (2007:53). Dengan metode penelitian<br />deskriptif kualitatif.<br />Berdasarkan analisis dan pembahasan dalam penelitian Efektivitas program SAMSAT<br />keliling di kantor desa Wonorejo maka dapat ditarik kesimpulan bahwa program SAMSAT<br />keliling di kantor desa Wonorejo sudah efektif, karena banyak indikator efektivitas program<br />yang disebutkan oleh Budiani sudah terpenuhi secara maksimal. tiga indikator yang sudah<br />tercapai yaitu ketepatan sasaran program tercapai karena mempermudah masyarakat dalam<br />melakukan pembayaran pajak bermotor dan banyak wajib pajak yang melakukan pembayaran<br />di SAMSAT keliling desa Wonorejo. Indikator selanjutnya sosialisasi program karena<br />penyampaian program terdapat informasi-informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Indikator<br />yang terakhir yaitu pemantauan program karena sudah ada pemantauan dari pihak SAMSAT<br />keliling maupun pihak kantor desa Wonorejo. Namun ada satu indikator yang tidak terpenuhi<br />secara maksimasl yaitu pencapaian tujuan program.<br />Adapun saran dari penulis yaitu menyediakan kotak saran yang berfungsi sebagai tempat<br />masyarakat atau wajib pajak untuk dapat memberikan masukan kepada samsat keliling di kantor<br />desa Wonorejo<br />Kata Kunci : Efektivitas, Program, SAMSAT Keliling</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9749 KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT DI DESA PURWOSUMAN KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN 2023-08-28T15:13:59+07:00 Klariza Septiana klarizaseptianaaaa@gmail.com Aris Tri Haryanto klarizaseptianaaaa@gmail.com Wirid Winduro klarizaseptianaaaa@gmail.com <p>The performance of village office employees is one of the determining factors in efforts to improve the quality of service to the community. This study aims to determine the performance of Village office employees in providing administrative services to the community in Purwosuman Village, Sidoharjo District, Sragen Regency.</p> <p>This study uses six performance indicators according to Robbins' 2006 theory which consist of: (1) quality, (2) quantity, (3) timeliness, (4) effectiveness, (5) independence, (6) work commitment. The method used is qualitative and the data analysis technique used is descriptive. A qualitative approach with descriptive data analysis using the Miles, Huberman, and Saldana models, namely by (1) Data Collection, (2) Data Condensation, (3) Data Presentation, and (4) Drawing Conclusions and using observation, interview, and Documentation methods .</p> <p>The results showed that the performance of village office employees in providing administrative services to the community in Purwosuman Village, Sragen Regency was still not fully in accordance with community expectations, the quality of work of employees in providing information, the quantity of work of employees in making data, timeliness according to SOP, employee effectiveness in the use of assistive devices, the independence of employees in carrying out their duties, and the work commitment of employees in being accountable for their duties. To improve the quality of good employee performance there are several improvements in timeliness, responsiveness and means to produce higher quality employee performance.</p> <p>Keywords: Employee Performance, Administrative Services, quality, quantity, timeliness, effectiveness. Independence, work commitment.</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9753 Implementasi Permensos Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan 2023-08-28T23:17:30+07:00 Enjel Gansar Fabyanti enjelgansar12@gmail.com Aris Tri Haryanto aristh68@gmail.com Damayanti Suhita diekatik@gmail.com <p>Minister of Social Affairs Regulation Number 1 of 2018 concerning the Family Hope Program in Ngraji Village, Purwodadi District, Grobogan Regency aims at poverty reduction.&nbsp;This thesis leads to how to implement the Family Hope Program in Ngraji Village.&nbsp;The subjects in this study were companions of the family hope program, heads of ngraji villages, family beneficiaries (KPM) of the family hope program, and heads of family hope program groups.&nbsp;This research was analyzed using the theory of implementation developed by George C. Edward III which refers to indicators of Communication, Resources, Disposition, and Bureaucratic Structure.&nbsp;This type of research is Descriptive Qualitative.&nbsp;Data collection techniques used are interviews, observations, documentaries and informant determination techniques carried out by&nbsp;<em>Snowball Sampling</em>.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The results showed that the communication variables carried out by the companion of the family hope program had been carried out smoothly.&nbsp;Group meetings are held regularly, but in consistency the KUBE (Joint Business Group) program has not been implemented in Ngraji village.&nbsp;Variable resources, assistance staff owned by PKH have carried out their duties well, PKH facilities have been established, namely beneficiary families get automated teller machine cards and can be picked up at E-waroeng.&nbsp;The authority of Ngraji Village in implementing the family hope program has an important role in the running of the program.&nbsp;Disposition variables, the commitment of family program assistants has provided effective and efficient services, the provision of incentives to PKH assistants is given through the Regional Budget (APBD) of Grobogan Regency.&nbsp;The variables of bureaucratic structure, meknism are in accordance with the regulation of the Minister of Social Affairs Number 1 of 2018&nbsp;and the fragmentation or spread of responsibility carried out by ngraji villages is less firm in stopping family hope program assistance</p> <p>Keywords : Communication, Resources, Disposition, Bureaucratic Structure</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9522 Pengelolaan Desa Wisata Di Desa Conto Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri 2023-08-15T09:28:55+07:00 Afrisia Raras Dwi prasiwi afrisiararasdp26@gmail.com Winarti Winarti winartitik59@gmail.com Joko Suranto joko.suranto@unisri.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan pengelolaan Desa Wisata yang<br />berlokasi di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. Indonesia<br />sendiri merupakan negara yang memiliki sektor wisata yang cukup banyak. Hal ini<br />sering digunakan sebagai sumber pendapatan tambahan bagi negara.Pengembangan<br />pariwisata membentuk Desa Wisata yang di dalamnya memiliki produk wisata dan<br />bernilai budaya serta memiliki karakteristik tradisional yang kuat, salah satu Desa<br />Wisata ada Kabupaten Wonogiri adalah Desa Wisata Conto. Pemilihan desa ini<br />dikarenakan desa tersebut memperoleh penghargaan sebagai juara terbaik 2 desa<br />wisata tingkat provinsi Jawa Tengah, Juara 1 dalam kategori profil desa wisata, Juara<br />2 kategori atraksi seni dan Juara umum terbaik kedua, dan meraih predikat desa<br />wisata terbaik di Jawa Tengah kategori sapta pesona dan CHSE. Jenis penelitian ini<br />adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dalam penelitian ini sumber data<br />yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan<br />data dilakukan berupa Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik penentuan<br />informan dengantenknik purposive sampling. Pengelolaan Desa Wisata di Desa<br />Conto Kecamatan Bulukerto Wonogiri sudah cukup baik walaupun masih ada<br />kekurangan hal ini diukur menggunakan teori Pengelolaan atau Manajemen<br />menurut George R.Terry yang meliputi Perencanaan, Pengorganisasian,<br />Penggerakan dan Pengawasan.<br />Kata Kunci : Manajemen, Planning, Organizing, Actuating, Controlling, Desa Wisata</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9532 PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU BK DAN SISWA DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK N 1 SAMBIREJO SRAGEN 2023-08-15T20:11:05+07:00 Destya Fitri Widyawati dhestyafitriwidyawati09@gmail.com Herning Suryo dhestyafitriwidyawati09@gmail.com Haryo Kusumo Aji dhestyafitriwidyawati09@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Proses komunikasi terutama komunikasi antara guru dan siswa akan mencapai tingkat yang<br />efektif apabila didukung dengan hubungan komunikasi antarpribadi yang baik. Tujuan dari<br />penelitian ini adalah peran komunikasi antarpribadi guru BK dan siswa dalam mengatasi<br />kenakalan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dan menggunakan<br />metode kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dari 7 informan meliputi 4 guru BK dan 3<br />siswa menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi dalam bimbingan konseling antara guru<br />BK dan siswa memperlihatkan lima aspek penting. Keterbukaan memperlihatkan siswa yang<br />bermasalah memilih berkata jujur dan ada juga siswa yang belum berkata jujur karena takut<br />dicecar pertanyaan serta masalah privasi siswa. Empati memperlihatkan adanya rasa empati<br />dan peduli dari guru BK terhadap permasalahan siswa. Dukungan memperlihatkan bahwa guru<br />BK mendampingi siswa yang bermasalah dan membatu agar siswa keluar dari permasalahan<br />tersebut. Rasa positif memperlihatkan bahwa rasa positif guru mempengaruhi suasana<br />interaksi dan komunikasi siswa. Kesetaraan memperlihatkan perlakuan guru terhadap siswa<br />lainnya setara tidak membandingkan siswa satu dengan siswa lainnya.<br /></span><span class="fontstyle2">Kata kunci : Komunikasi Antarpribadi, Kenakalan siswa</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9559 KUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN PERSYARATAN ADMINISTRASI PERKAWINAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI 2023-08-18T16:11:05+07:00 Lusiana Ramadhani lusianaraaaa@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ririss68@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Kantor Urusan Agama merupakan instansi pemerintah yang menyelenggarakan<br />pelayanan Pengurusan Administrasi Perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk<br />menganalisa tentang Kualitas Pelayanan diKantor Urusan Agama Kecamatan Simo.<br />Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan<br />menggunakan dimensi yang dikembangkan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990)<br />dalam Hardiyansyah (2011:11) seperti </span><span class="fontstyle2">tangible </span><span class="fontstyle0">(bukti fisik), </span><span class="fontstyle2">reliability </span><span class="fontstyle0">(kehandalan),<br /></span><span class="fontstyle2">responsiveness </span><span class="fontstyle0">(daya tanggap), </span><span class="fontstyle2">assurance </span><span class="fontstyle0">(jaminan), dan </span><span class="fontstyle2">emphaty </span><span class="fontstyle0">(empati). Metode pada<br />pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan<br />Dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yakni dengan<br />menggunakan teori dari Mathew B, A. Michael Huberman dan Johny Saldana dalam<br />Miles dan Huberman (2014:12) yakni teknis analisis data interaktif.<br />Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pengurusan<br />Persyaratan Administrasi Perkawinan di Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali mampu<br />dinilai baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa dimensi yang dikembangkan oleh<br />Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990) dalam Hardiyansyah (2011:11). Namun pada<br />dimensi </span><span class="fontstyle2">tangible </span><span class="fontstyle0">dan </span><span class="fontstyle2">assurance </span><span class="fontstyle0">belum sepenuhnya mampu dikatakan baik, yakni pada<br />area parkir yang belum beratap perlu untuk diperbaiki. Serta pada jaminan informasi<br />terbaru karena kurangnya sosialisasi terhadap pengguna layanan dan tidak tersedianya<br />media sosial sebagai alat untuk masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkan<br />sehingga kebutuhan pengguna layanan menjadi tidak terpenuhi, dengan adanya hal itu<br />maka pada KUA Kecamatan Simo perlu mengadakan perbaikan serta sosialisi terhadap<br />pengguna layanan melalui media online maupun offline untuk memenuhi kebutuhan pada<br />pengguna layanan.<br />Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Persyaratan Administrasi Perkawinan</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9610 MANAJEMEN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA SIDOREJO KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI 2023-08-22T12:42:10+07:00 Annisa Wahyu Utami annisawahyu462@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ririss68@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen dana desa untuk kesejahteraan masyarakat di Desa Sidorejo Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Manajemen dana desa di Desa Sidorejo selalu digunakan untuk kegiatan pembangunan fisik seperti rabat jalan, talud jalan, pembuatan saluran air dan irigasi, perbaikan rumah tidak layak huni, pipanisasi air bersih, pembuatan jambanisasi, dan pembuatan jalan usaha tani. Manajemen yang baik menjadi tolak ukur organisasi untuk mencapai tujuan dalam melakukan program kegiatan kesejahteraan masyarakat di Desa Sidorejo. Manajemen yang baik menurut George R. Terry yang terdiri dari 4 indikator yaitu </span><span class="fontstyle2">planning </span><span class="fontstyle0">(perencanaan), </span><span class="fontstyle2">organizing </span><span class="fontstyle0">(pengorganisasian), </span><span class="fontstyle2">actuating </span><span class="fontstyle0">(penggerakan), dan </span><span class="fontstyle2">controlling </span><span class="fontstyle0">(pengawasan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen dana desa di Desa Sidorejo Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri sudah cukup baik. Dalam indikator perencanaan hal ini dibuktikan dengan pemerintah desa yang telah melaksanakan penetapan tujuan yang cukup jelas dengan melihat kemampuan dan kualitas sumber daya yang dimiliki. Dalam indikator pengorganisasian hal ini dapat dibuktikan dengan pemerintah desa yang melibatkan semua sumber daya manusia yang dimiliki, merumuskan dan menetapkan tugas dengan teliti serta membagi tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam indikator penggerakan hal ini dapat dibuktikan dengan upaya pemerintah desa untuk selalu memberikan arahan dan motivasi kepada berbagai pihak untuk melakukan kerja cerdas dan kerjasama. Dalam indikator pengawasan hal ini dapat dibuktikan dengan pemerintah desa yang melakukan evaluasi dengan melibatkan semua pihak dan membatu memberikan solusi pada masalah yang terjadi.</span></p> <p> </p> <p><span class="fontstyle0">Kata kunci : manajemen, kesejahteraan, dana desa</span> <br /><br /></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9685 KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN INSTAGRAM SOLO SAFARI DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE 2023-08-24T21:59:02+07:00 Giovanni Valiant Wicaksono giovannivaliant14@gmail.com Nurnawati Hindra giovannivaliant14@gmail.com Sihabuddin Sihabuddin giovannivaliant14@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi persuasif yang<br />dilakukan oleh Solo Safari melalui akun Instagram mereka dan bagaimana strategi ini<br />berkontribusi dalam meningkatkan citra merek atau brand image mereka. Melalui<br />pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi konten di akun Instagram Solo<br />Safari, serta wawancara dengan beberapa pengunjung sebagai penerima pesan. Hasil<br />penelitian menunjukkan bahwa Solo Safari berhasil mengimplementasikan berbagai teknik<br />komunikasi persuasif di platform Instagram mereka. Konten visual yang menarik dan<br />berkualitas tinggi berhasil menarik perhatian pengikut dan calon pengunjung. Penggunaan<br />cerita pengalaman pelanggan, testimonial, dan ulasan positif membantu membangun<br />kepercayaan dan keyakinan terhadap merek. Melalui penggunaan pesan tentang keunikan,<br />eksklusivitas, komitmen pada kelestarian alam, dan fokus pada pengalaman pelanggan, Solo<br />Safari berhasil meningkatkan citra mereka sebagai destinasi safari solo yang berkelas dan<br />peduli terhadap lingkungan. Interaksi aktif dengan pengikut dan influencer marketing juga<br />berkontribusi dalam memperluas jangkauan merek dan meningkatkan keterlibatan.<br />Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa komunikasi persuasif melalui akun Instagram Solo<br />Safari telah berdampak positif dalam meningkatkan citra merek mereka. Strategi<br />komunikasi yang efektif membantu menciptakan kesan positif tentang merek di benak<br />pengikut dan calon pengunjung. Namun, tetap diperlukan evaluasi dan penyesuaian<br />berkelanjutan untuk menjaga keterhubungan dengan target audiens dan terus memperkuat<br />brand image Solo Safari di pasar yang kompetitif.<br /></span><span class="fontstyle0">Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Pesan Persuasif, Solo Safari, Instagram, Brand Image.</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9691 Kolaborasi Pemerintahan Dalam Program Kota Tanpa Kumuh di Kampung Debegan Kelurahan Mojosongo 2023-08-25T01:32:53+07:00 Eka Putri Dhamastuti ekputri105@gmail.com Suwardi Suwardi ekputri105@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ekputri105@gmail.com <p>Collaborative Governance sangat penting dalam mengoptimalkan<br />kebijakan pemerintah baik dalam pengambilan kebijakan maupun dalam<br />implementasi kebijakan. Begitu pula dalam upaya menjalankan program<br />Kota Tanpa Kumuh di pemerintah kota Solo khususnya di Kampung<br />Debegan Kelurahan Mojosongo juga membutuhkan dan menerapkan<br />langkah bersama dalam wujud Collaborative Governance. Teori yang digunkan<br />dalam penelitian collaboraive governance ini berdasarkan teori Ansell and<br />Gash (2007:228) yang menggunkan 5 (lima) indikator terbentuknya<br />collaborative governance yang terjalin oleh pemerinrtah, swasta dan<br />masyaraka yakni, Face to Face Dialogue, Trust Building, Commitmen to process,<br />Shared Understanding dan IntermediatedOutcomes.Metode yang digunkan<br />adalah kualitatif. infroman yang di pilih Secara purposive sampling yaitu<br />dinas terkait program KOTAKU di Kampung Debegan, mulai dari penggerak<br />Kampung, Kelurahan , Dinas Pemadaman Kebakaran, Dinas Perumahan dan<br />Dinas Lingkungan Hidup serta kedinasa lainnya yang tidak di sebutkan.<br />Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.<br />Tehnik analisi yang di gunakan menggunkan teori dari miles huberman<br />(2014) yakni teknik analisis interaktif (pennyajian data)Hasil penelitian<br />menunjukan bahwa Proses Collaborative Governance pada pelaksanaan<br />Program KOTAKU di Kampung Debegan Kelurahan Mojosongo Kota<br />Surakarta sudah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa catatan<br />dan kekurangan., Hal ini dapat terilihat dari terlaksananya 5 indikator yakni<br />Face to Face Dialogue, Trust Buliding, Commitment to the Process Shared<br />Understanding and Intermediated Outcomes. Pelaksanaan Collaborative<br />Governance Dalam Program Kota Tanpa Kumuh Di Kampung Debegan<br />Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta berjalan dengan lancar,di mulai dari<br />tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan keberlanjutan.<br />Kata kunci : Collaborative Governance, Program KOTAKU</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9740 Pelaksanaan Responsivitas Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Sraten Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo 2023-08-27T19:13:24+07:00 Adella Arsyadita adellaarsya4@gmail.com Aris Tri Haryanto Adellaarsya4@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ririss68@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Peningkatan responsivitas pelayanan administrasi adalah hal yang sangat penting, terutama di<br />lingkup desa. Desa menjadi motor penggerak ketertiban administratasi kependudukan bagi warga<br />negara indonesia. Tidak terlepas dengan Desa sraten yang meruapakan salah satu desa di<br />kecamatan gatak kabupaten suoharjo yang menerapkan responsivitas dalam pelayanannnya.<br />Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Zeithaml, dkk (2015:46) bahwa dalam<br />pelaksanaannya, responsivitas terbagi menjadi enam (6) indikator, yakni Kemampuan Merespon<br />masyarakat, Kecepatan pelayanan, Ketepatan pelayanan, kecermatan pelayanan, ketepatan waktu<br />pelayanan dan kemampuan menanggapi keluhan<br />Metode yang digunakan adalah kualitatif. infroman yang di pilih Secara survey sampling yaitu<br />Kepala Desa Sraten, Kepala Dusun Desa Sraten, Kasie Pelayanan dan beberapa tokoh perwakilan<br />baik dari pemuda maupun warga setempat. Tehnik pengumpulan data melalui observasi,<br />wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisi yang di gunakan menggunkan teori dari miles<br />huberman (2014) yakni teknik analisis interaktif (pennyajian data)<br />Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan responsivitas pelayanan adinistrasi kependudukan di<br />desa sraten sudah berjalan dengan baik diukur menggunkan (6) indikator, yakni Kemampuan<br />Merespon masyarakat, Kecepatan pelayanan, Ketepatan pelayanan, kecermatan pelayanan,<br />ketepatan waktu pelayanan dan kemampuan menanggapi keluhan. adapun indikator kemampuan<br />merespon masyarat dan kemampuan enanggapi keluhan menjadi indikator yang kurang dirasa<br />pelayanannya oleh warga setempat.<br />Kata kunci : Responsivitas, Pelayanan dan Desa Sraten</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9754 PENGUATAN NATIONAL BRANDING TARI TRADISIONAL INDONESIA OLEH MAHASISWA ASING YANG BELAJAR KESENIAN DI KOTA SURAKARTA 2023-08-29T04:24:24+07:00 Ika Ilmiyanti ikailmiyanti@gmail.com Christy Damayanti ikailmiyanti@gmail.com Untari Narulita Madyar Dewi ikailmiyanti@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Penelitian ini bertujuan meneliti tentang penguatan nation branding tari tradisional<br />Indonesia oleh mahasiswa asing yang belajar kesenian di Kota Surakarta. Metode dalam<br />penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dan pencarian data yang<br />digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa data dari<br />dokumen yang tersedia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep nation<br />branding dan diplomasi kebudayaan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa<br />penguatan nation branding ini dilakukan para mahasiswa asing yang belajar kesenian di<br />Surakarta, dengan mendalami tari tradisional dan menciptakan tari baru, kemudian<br />menampilkannya baik di kota Surakarta maupun di negara mereka.<br /></span><span class="fontstyle2">Kata Kunci</span><span class="fontstyle0">: Identitas Nasional, Diplomasi Budaya, Kesenian Indonesia</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9298 Strategi Komunikasi Pemasaran Fashion Bekas/Thrift Shop Dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Solo 2023-07-06T11:56:41+07:00 Diana Qusnul Atifah ifah03dianaqus@gmail.com Nurnawati Hindra Hastuti nurnahin@gmail.com Fikriana Mahar Rizqi fikriana.mahar.rizqi@unisri.ac.id <p> <span class="fontstyle0">Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh tren </span><span class="fontstyle2">thrift </span><span class="fontstyle0">yang mulai marak pada<br />tahun 2021 di Kota Solo. sehingga muncul berbagai toko </span><span class="fontstyle2">thrift. </span><span class="fontstyle0">salah satunya adalah<br />toko Murda </span><span class="fontstyle2">Thrift </span><span class="fontstyle0">yang dimulai pada tahun 2021 dengan menggunakan media<br />promosi Instagram dan mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan penjualan<br />produknya. Penelitian Bertujuan untuk menjelaskan berbagai strategi komunikasi<br />pemasaran yang dilakukan Murda </span><span class="fontstyle2">Thrift </span><span class="fontstyle0">melalui unsur 4P (Produk/</span><span class="fontstyle2">Product</span><span class="fontstyle0">,<br />Harga/</span><span class="fontstyle2">Price</span><span class="fontstyle0">. Tempat/</span><span class="fontstyle2">Place</span><span class="fontstyle0">, Promosi/</span><span class="fontstyle2">Promotion</span><span class="fontstyle0">). Dalam penelitian ini menggunakan<br />metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi,<br />wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini strategi komunikasi<br />pemasaran Murda </span><span class="fontstyle2">Thrift </span><span class="fontstyle0">dengan menerapkan unsur 4P: 1) Produk/</span><span class="fontstyle2">Product </span><span class="fontstyle0">yang<br />dimana produk Murda </span><span class="fontstyle2">Thrift </span><span class="fontstyle0">lengkap dan memiliki kualitas yang unggul, 2)<br />Harga/</span><span class="fontstyle2">Price </span><span class="fontstyle0">yang ditawarkan tergolong ramah dikantong semua kalangan, 3)<br />Tempat/</span><span class="fontstyle2">Place toko Murda Thrift </span><span class="fontstyle0">strategis berada di HTC Solo Baru, 4)<br />Promosi/</span><span class="fontstyle2">Promotion </span><span class="fontstyle0">yang efektif dilakukan melalui Instagram dan Tiktok. Implikasi<br />atau saran dari penelitian ini adalah penelitian ini bisa dijadikan bahan untuk<br />meningkatkan penjualan produk Murda </span><span class="fontstyle2">Thrift </span><span class="fontstyle0">dengan mengembangkan promosi<br />secara online melalui media sosial.<br /></span><span class="fontstyle3">Kata kunci </span><span class="fontstyle0">: komunikasi pemasaran; </span><span class="fontstyle2">thrifting; </span><span class="fontstyle0">strategi; pakaian</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9393 Komunikasi Interpersonal Pelatih Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Atlet Di PB Purnama Solo 2023-07-20T21:53:39+07:00 Fani Nur Astuti fanifa234@gmail.com Buddy Riyanto buddy.riyanto@gmail.com Sihabuddin Sihabuddin buddy.riyanto@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Perkumpulan bulutangkis (PB) merupakan sebuah wadah untuk pembinaan<br />bulutangkis di Indonesia. PB Purnama merupakan salah satu PB unggulan yang ada<br />di kota Solo. PB Purnama sudah cukup banyak meraih prestasi, mulai dari sukses<br />menghantarkan atletnya menjadi juara dan menyalurkan atlet-atletnya ke klub-klub<br />besar di Indonesia. Dalam prestasi-prestasi yang diraih oleh atlet, tentu tidak lepas<br />dari peran seorang pelatih yang selalu memberi motivasi, arahan, serta upaya<br />membangun komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan<br />komunikasi interpersonal pelatih di PB Purnama dalam meningkatkan motivasi<br />berprestasi para atletnya. Dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi<br />interpersonal (Ngalimun, 2018). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,<br />penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling,<br />informan dalam penelitian ini adalah 2 pelatih dan 2 atlet. Hasil penelitian ini adalah<br />komunikasi interpersonal pelatih dalam meningkatkan motivasi berprestasi atlet<br />berjalan efektif dan tujuan dari komunikasi interpersonal yang dilakukan tercapai.<br />Keterbukaan, pelatih menyampaikan kekurangan dan kelebihan atlet sejujurjujurnya. Empati, pelatih turut merasa sedih ketika atletnya belum berprestasi. Sikap<br />mendukung, pelatih memberikan tepuk tangan, menepuk Pundak, mengajak tos, dan<br />memberi kata-kata penyemangat pada atlet. Sikap positif, pelatih memberikan<br />pemahaman tujuan atas pesan yang disampaikan dan memberi apresiasi atau pujian<br />kepada atlet. Kesetaraan, pelatih memposisikan diri sebagai teman dan memotivasi<br />secara merata ke semua atlet. Kendala yang ditemui adalah atlet kurang bersikap jujur<br />kepada pelatih, kurangnya kemampuan daya tangkap atlet dan intonasi suara pelatih<br />yang rendah sehingga kurang terdengar jelas.<br /></span><span class="fontstyle2">Kata Kunci </span><span class="fontstyle0">: PB Purnama, Atlet, Pelatih, Komunikasi Interpersonal</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9518 Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Cepogo Kabupaten Boyolali 2023-08-14T22:13:43+07:00 Mutia Sasti Kusumasrini mutiakusuma16@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ririss68@gmail.com Wirid Winduro mutiakusumaa77@gmail.com <p>Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan sejahtera adalah tujuan<br />utama dari pembangunan Negara Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya<br />peningkatan kualitas sumberdaya manusia guna meningkatkan kinerja setiap individu<br />maupun kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh budaya<br />organisasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada KUD Cepogo<br />Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kasual dengan<br />metode kuantitatif.<br />Populasi adalah Pengawas, Pengurus dan Karyawan KUD dengan sampel jenuh<br />sebagai teknik pengambilan sampelnya, sehingga responden yang digunakan dalam<br />penelitian ini sebanyak 42 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode<br />kuesioner, metode dokumentasi dan metode wawancara. Pertanyaan pada kuesioner<br />diturunkan berdasar indicator variabel dari teori Fadel, Robbins dan Kartono. Teknik<br />analisis data yang digunakan ialah statistic deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji<br />asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi linier berganda.<br />Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa budaya organisasi berpengaruh kuat<br />terhadap kinerja karyawan KUD Cepogo dan kepemimpinan berpengaruh rendah<br />terhadap kinerja karyawan KUD Cepogo. budaya organisasi dan kepemimpinan juga<br />berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan KUD Cepogo.<br />Kata kunci : Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Kinerja Karyawan.</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9661 Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Membentuk Rasa Percaya Diri Di Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) Anugerah Colomadu 2023-08-24T13:12:09+07:00 Puspalangit Pratika Bahari puspalangit29@gmail.com Buddy Riyanto buddy.riyanto@gmail.com Estu Widiyowati estuwidiyowati@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Pendidikan luar biasa bisa dikatakan sebagai pendidikan dengan<br />suatu sistem yang memberikan layanan kepada pendidikan anak<br />berkebutuhan khusus yang belajar bersama dengan anak sebayanya di<br />sekolah umum. Sekolah ini merupakan satu dari dua sekolah luar biasa di<br />Colomadu. Dalam proses kegiatan pemberian materi dan pengajaran ,<br />guru akan lebih ditantang dalam memberikan cara khusus untuk dapat<br />mengatasi bermacam bentuk kelainan perilaku yang akan muncul, agar<br />materi yang telah diberikan dapat diterima. Komunikasi interpersonal<br />juga merupakan alat efektif jenis penelitian deskriptif dengan metode<br />kualitatif, dimaksud untuk membuat deskripsi , gambaran secara<br />sistematis , faktual dan akurat mengenai suatu objek, suatu kondisi serta<br />fenomena yang diselidiki.pola komunikasi interpersonal guru dan siswa<br />bekebutuhan khusus menggunakan pola komunikasi primer dengan<br />menggunakan lambang verbal dan non verbal seperti menggunakan<br />bahas lisan dengan pengucapan yang pelan – pelan ( bahasa oral ) dan<br />gerakan tubuh (mimik wajah) secara tatap muka langsung dengan para<br />siswa berkebutuhan khusus.Komunikasi guru dan anak berkebutuhan<br />khusus adalah model interaktif dengan menggunakan media interaktif<br />yang dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan tidak<br />membosankan dan kondusif yang dimana proses komunikasi guru dan<br />siswa terjadi umpan balik , jika guru bertanya siswa dapat memberikan<br />respon mengerti atau tidak mengerti maksud dari yang telah disampaikan<br />oleh guru. Melalui pola komunikasi primer dan model interaktif inilah<br />guru dapat cukup efektif dalam membentuk rasa percayadiri siswa<br />berkebutuhan khusus lewat pola komunikasi interpersonal yang</span><br /><span class="fontstyle0">dilakukan secara terus menerus saat proses pembelajaran agar dapat<br />membantu siswa berlatih mengembangkan percaya diri dan bertambah<br />kosa kata , berani berdiskusi dengan teman yang lain ,memungkapkan<br />perasaaan yang mereka rasakan serta menjeaskan ulang materi yang<br />disampaikan , dan berani berkomunikasi dengan orang lain dilingkungan<br />keluarga dan masyarakat.<br /></span><span class="fontstyle2">Kata kunci </span><span class="fontstyle3">: Komunikasi Interpersonal, Anak Berkebutuhan Khusus,Sekolah<br />Luar Biasa,Guru, Percaya Diri</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9686 Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Kampung Wisata Berbasis Cluster Di Kelurahan Rejowinangun Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta 2023-08-24T22:05:22+07:00 Inayatul Alifah inayatulalifah6@gmail.com Aris tri Haryanto Inayatulalifah6@gmail.com Sri Riris Sugiarti Inayatulalifah6@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Partisipasi masyarakat merupakan faktor penting dalam membantu proses keberhasilan program pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan Kampung wisata Rejowinangun di kelurahan Rejowinangun, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta.</span></p> <p><span class="fontstyle0">Penelitian ini menggunakan empat indikator partisipasi masyarakat menurut teori Cohen dan Uphoff (1977:99) dalam Mohammad Mulyadi (2019:25), yang terdiri dari : (1) partisipasi dalam pengambilan keputusan, (2) Partisipasi dalam implementasi (3) partisipasi dalam kegiatan kemanfaatan, (4) Partisipasi dalam kegiatan evaluasi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Pendekatan kualitatif dengan analisis data deskripstif menggunakan model Miles, Huberman, dan saldana yaitu dengan cara (1) Pengumpulan Data, (2) Kondensasi Data, (3) Penyajian Data, dan (4)Penarikan Kesimpulan dan enggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi.</span></p> <p> </p> <p><span class="fontstyle0">Berdasarkan hasil dari temuan yang di temukan oleh peneliti, partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kampung wisata Rejowinangun ini dapat di katakan belum optimal, dimana kurangnya kerjasama antara pihak pengelola dengan masyarakat dalam hal yang sifatnya membangun, serta mendukung potensi yang dimiliki oleh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Kampung wisata Rejowinangun masih belum sempurna, dalam artian masyarakat belum sepenuhnya memberikan kontribusi terhadap</span></p> <p><span class="fontstyle0">pengembangan Kampung wisata Rejowinangun. Masyarakat masih belum sepenuhnya meresap terhadap Kampung wisata Rejowinangun dan pihak pengelola menyadari hal ini terjadi karena kurangnya komunikasi antara masyarakat dengan pihak pengelola serta dasar dari kebutuhan masyarakat tersebut, dan faktor dari rata-rata masyarakat tersebut telah di sibukkan dengan pekerjaannya masing-masing. Sehingga hanya sebagian masyarakat yang mampu ikut serta dalam berpartisipasi dalam pengembangan Kampung wisata Rejowinangun ini.</span></p> <p> </p> <p><span class="fontstyle0">Saran dari penulisan penelitian ini adalah perlu adanya pengembangan program yang menjadikan masyarakat lebih tertarik dengan Kampung wisata nya, sehingga pengelola tidak terkesan bekerja sendiri.Sehingga tujuan yang ingin dicapai berjalan sesuai dengan baik. Pada partisipasi dalam kegiatan evaluasi, pihak pengelola perlu melibatkan masyarakat langsung agar masyarakat tidak hanya diminta feedback nya saja. Dalam hal ini perlu keterlibatan masyarakat agar mereka dapat memberikan saran dari kegiatan yang telah di laksanakan sebelumnya.</span></p> <p><span class="fontstyle3">Kata kunci: Partisipasi masyarakat, Pengembangan Kampung wisata</span></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9735 THE EFFECTIVENESS OF PUBLIC ORGANIZATIONS IN ONLINE-BASED COMMUNITY SERVICES 2023-08-27T11:14:21+07:00 Riszi Sanjaya Putra riszisanjaya@gmail.com Joko Pramono masjepe69@gmail.com Sri Riris Sugiyarti ririss68@gmail.com <p><em>The author took the title of research Effectiveness of Public Organizations in Online-Based Community Services by taking a case study at the Population Administration and Civil Registration Office of Surakarta City. This study specifically aims to analyze the effectiveness of the role of public organizations of the Surakarta City Population Administration and Civil Registration Office in carrying out services for making Identity Cards and changing Family Cards in Surakarta City. The method used in this study is qualitative by taking the research location at the Surakarta City Government Office in the Surakarta City Hall Population Administration and Civil Registration Service unit. The method of collecting data from this study is carried out by observation, interview and documentation. As for the data analysis technique used, namely by using qualitative analysis theory as proposed by Miles and Hubberman, namely qualitative data analysis techniques.</em></p> <p><em>Based on the results of the study, it can be concluded that research on the effectiveness of public organizations in online-based community services (case study at the Surakarta City Population Administration and Civil Registration Office) went well despite obstacles in several indicators that need to be improved in online file management services, namely the existence of 1 special container used to communicate and send files. Because at this time, the official application listed on the Appstore is still not functioning optimally. Because it can only be used for community registration.</em></p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9755 MAKNA ADEGAN KEKERASAN PADA ANIME VINLAND SAGA SEASON 1 2023-08-29T06:27:57+07:00 Arief Wicaksono awicaksono722@gmail.com Buddy Riyanto awicaksono722@gmail.com Andri Astuti Itasari awicaksono722@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Anime Vinland Saga merupakan salah satu karya animasi yang dikenal dengan<br />penceritaan yang kompleks dan adegan kekerasan yang dramatis. Skripsi ini<br />bertujuan untuk menganalisis mencari makna adegan kekerasan yang ada dalam<br />anime Vinland Saga jenis penelitian deskriptif kualitatif dan teori semiotika Roland<br />Barthes, obyek penelitian ini adalah Adegan kekerasan pada anime Vinland Saga,<br />sumber data primer melalui laman Netflix, data sekunder melalui buku, internet<br />hingga jurnal yang relevan, serta teknik pengumpulan data menggunakan<br />dokumentasi.<br />Kata Kunci : Makna Adegan Kekerasan, Anime Vinland Saga, Semiotika, Roland<br />Barthes</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9785 SOSIALISASI PENGGUNAAN E-MAKARYO DALAM PEMAHAMAN PENGGUNAAN E-MAKARYO SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PENDAFTARAN ONLINE KARTU TANDA PENCARI KERJA/AK1 2023-08-31T14:56:55+07:00 Bima Tungki Purbo Wicaksono bimatungki29@gmail.com Maya Sekarwangi bimatungki29@gmail.com Buddy Riyanto bimatungki29@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan sosialisasi Dinas<br />Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Grobogan dalam memberikan<br />pemahaman penggunaan E-Makaryo sebagai media informasi dan pendaftaran<br />online kartu tanda pencari kerja. Penentuan informan menggunakan teknik<br />purposive sampling yaitu staff/pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi<br />Kabupaten Grobogan bidang layanan terpadu satu atap dan masyarakat selaku<br />pengguna layanan E-makaryo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,<br />wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis<br />kualitatif. Pemerintah Kabupaten Grobogan telah melakukan sosialisasi aplikasi<br />E-Makaryo melalui kegiatan jobfair, sosialisasi kepada kepala desa serta dapat<br />dilihat di IG Dinas, tetapi dengan sosialisasi yang dilakukan tersebut tidak tepat<br />sasaran, karena masyarakat angkatan kerja tidak memahami tentang aplikasi EMakaryo dan belum pernah menggunakan aplikasi E-Makaryo karena memang<br />tidak melakukan sosialiasi ke angkatan kerja melalui karang taruna secara<br />langsung sehingga terjadi hambatan di dalam pemahaman masyarakat.<br />Kata kunci : sosialisasi, E-Makaryo, media informasi dan pendaftaran online AK1</p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9634 KEPUASAN MENONTON TV DIGITAL 2023-08-23T11:33:44+07:00 Aprilia Wulan Cahyani apriliawulancahyani2712@gmail.com Herning Suryo apriliawulancahyani2712@gmail.com Sihabuddin Sihabuddin apriliawulancahyani2712@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Setelah penerapan ASO (Analog Switch Off) maka terjadilah fenomena penerapan<br />migrasi ke TV digital secara besar-besaran di seluruh indonesia. Tujuan penelitian ini ingin<br />mendeskripsikan kepuasan menonton TV digital melalui program "My Trip My Adventure" di<br />wilayah Karangdowo, Klaten. Televisi digital adalah bentuk televisi yang menggunakan<br />teknologi modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyampaikan sinyal video, audio, dan<br />data kepada penerimaan televisi. Penelitian ini menggunakan teori used and gratification.<br />Kepuasan menonton TV adalah perasaan senang atau puas yang dirasakan seseorang setelah<br />menonton program televisi atau acara yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan<br />metodologi kualitatif dan pendekatan analisis deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan<br />metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peralihan dari siaran<br />analog ke siaran digital dalam program My Trip My Adventure di TransTV memiliki dampak<br />positif terhadap kepuasan menonton dalam berbagai aspek yaitu kepuasan informasi, hiburan,<br />edukasi, interaksi sosial, pelayanan, dan paling utama kepuasan penamilan/kualitas gambar.<br />Kata kunci : Kepuasan, Menonton, TV Digital</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9784 REPRESENTASI KRITIK SOSIAL DALAM FILM “THE PLATFORM” 2023-08-31T14:47:31+07:00 Rahardian Cahyo Putranto sweet.revenge.death666@gmail.com Buddy Riyanto sweet.revenge.death666@gmail.com Siswanta Siswanta sweet.revenge.death666@gmail.com <p style="font-weight: 400;"> <span class="fontstyle0">Film </span><span class="fontstyle2">The Platform </span><span class="fontstyle0">pertama kali dirilis pada tanggal 6 September 2019, namun baru<br />mendapat perhatian lebih dengan meningkatnya jumlah penonton yang sangat tinggi di<br />awal tahun 2020 yang bersamaan dengan awal pandemi COVID-19, yaitu 56 juta<br />penonton. Peningkatan jumlah penonton ini karena tema yang diusung film </span><span class="fontstyle2">The Platform<br /></span><span class="fontstyle0">ternyata relevan dengan kejadian yang terjadi di awal pandemi dimana banyak orang<br />melakukan </span><span class="fontstyle2">panic buying </span><span class="fontstyle0">alat-alat kesehatan seperti masker dan </span><span class="fontstyle2">hand sanitizer </span><span class="fontstyle0">yang<br />membuat persediaan alat-alat tersebut menjadi langka, sehingga masyakat kelas bawah<br />yang kurang memiliki daya tawar kesulitan mendapatkan kebutuhan alat tersebut. Tujuan<br />penelitian ini untuk mendeskripsikan representasi kritik sosial yang ada dalam film </span><span class="fontstyle2">The<br />Platform. </span><span class="fontstyle0">Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kepustakaan,<br />yakni mendeskripsikan representasi kritik sosial dalam film </span><span class="fontstyle2">The Platform</span><span class="fontstyle0">, yang terdiri:<br />stratifikasi sosial, keserakahan dan sikap egois manusia, dan gambaran sistem kapitalisme.<br />Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data<br />yang digunakan adalah analisis isi kualitatif (</span><span class="fontstyle2">qualitative content analysis</span><span class="fontstyle0">). Hasil penelitian<br />menunjukkan kritik sosial yang digambarkan antara lain, stratifikasi sosial dimana individu<br />atau kelompok digolongkan dalam golongan kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah.<br />Keserakahan dan sikap egois manusia, atas dasar ingin meraih sesuatu yang melebihi orang<br />lain, mendapat yang diinginkan, dan mempertahankan yang dimiliki. Gambaran sistem<br />kapitalisme, sistem yang hanya memberi keuntungan kepada golongan atas dan merugikan<br />golongan di bawahnya. Makna khusus dan makna yang tersembunyi dalam penelitian ini<br />memberikan pemahaman tentang gambaran keadaan yang ada di masyarakat, bagaimana<br />sistem kehidupan berjalan, serta sikap manusia dalam usahanya untuk beradaptasi dengan<br />sistem sosial dan konflik di dalamnya. Sedangkan makna yang dapat disimpulkan dari<br />analisis ini, sebuah cerminan dari masyarakat dan ketidaksetaraan sosial yang terjadi.<br />Kata kunci: Representasi, Kritik Sosial.</span> </p> 2024-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial