STRATEGI PROGRAM DUNIA BINATANG TRANS7 DALAM MEMPERTAHANKAN RATING
Abstract
Abstrak
Berbagai stasiun televisi berlomba-lomba menghadirkan program yang diharapkan dapat menarik perhatian penontonnya, terutama di tengah-tengah persaingan industri televisi saat ini yang semakin ketat. Setiap stasiun televisi berlomba menyuguhkan yang terbaik melalui berbagai produksi programnya. Trans7 sebagai salah satu stasiun televisi swasta nasional menyajikan satu program tayangan kategori soft news dengan format dokumenter yang berjudul “Dunia Binatangâ€. Program ini menyajikan segala informasi yang berkaitan dengan kehidupan hewan atau binatang. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis terhadap strategi program yang digunakan program Dunia Binatang, dengan menggunakan metode penelitian studi kasus yang dikaji secara kualitatif, teknik pengumpulan data primer observasi dan wawancara mendalam bersama key informan seperti produser, tim produksi, asisten produksi, dan kepala divisi produksi program bersangkutan. Dengan mengacu pada teori Strategi Program oleh Morissan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada konsistensi dari apa yang direncanakan dengan yang dilakukan sehingga seluruh proses dan tahapan mulai dari praproduksi hingga evaluasi dapat berjalan dengan semestinya, selain itu pemilihan ide secara selektif, pola rundown, naskah, konsep produksi yang diterapkan dilapangan sampai konsep editing yang digunakan dibuat dengan mengikut sertakan pertimbangan dari permintaan audiens, agar audiens tertarik dengan konten yang disajikan. Disamping itu, penempatan waktu dan jam siaran yang tepat juga menjadi salah satu strategi supaya program ini semakin diketahui dan mendapat minat dari masyarakat luas.
Kata Kunci : Strategi Program, Dunia Binatang, Rating